border=

Cara Memasak Sama Pentingnya dengan Memilih Makanan Sehat

cara memasak
(Sup dari aneka sayur adalah termasuk makanan sehat karena untuk memasaknya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.)

Pomidor – Anda mungkin sudah tahu memilih jenis makanan yang tepat sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Namun apakah Anda juga tahu bahwa cara memasak sama pentingnya dengan memilih makanan yang sehat?

Memasak sebenarnya bukan sekedar ritual proses meracik bumbu, mengolah aneka jenis makanan dan mematangkannya hingga siap dikonsumsi. Metode memasak yang tidak tepat, diam-diam dapat mengubah susunan kimiawi makanan dan akibatnya justru malah berbahaya bagi kesehatan.

 border=

Misalnya saja, memasak dengan suhu yang teramat tinggi, ternyata dapat menyebabkan proses kimia yang disebut dengan oksidasi.

Proses oksidasi ini akan membuat makanan melepaskan apa yang lazim dikenal dengan radikal bebas, yang dapat mengubah fungsi DNA serta berpotensi menyebabkan peradangan atau bahkan kanker. Karena itu, memasak dengan suhu yang terlalu tinggi dengan durasi waktu yang lama, dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Merebus atau mengukus makanan adalah cara memasak yang paling sehat. Khususnya untuk daging. Jika dimasak dengan suhu yang lebih rendah, akan mengurangi resiko makanan untuk mengeluarkan radikal bebas. Lebih baik lagi jika memasaknya hanya menggunakan air, tanpa menambahkan minyak atau mentega.

Sementara untuk sayur sayuran, metode mengukus akan menjaga nutrisinya tetap melekat. Lain halnya dengan merebus yang cenderung akan melarutkan beberapa vitamin dan mineral yang sesungguhnya dibutuhkan tubuh.

Kendati lebih ribet, mengasapi juga termasuk metode memasak yang sehat. Karena pengasapan menggunakan panas lembab dari cairan seperti air, susu atau minyak. Tapi pastikan dulu makanannya benar-benar matang sebelum menyantapnya, terutama jenis daging-dagingan.

Ada lagi metode memasak yang populer, yakni memanggang. Hampir setiap orang suka dengan makanan yang dipanggang seperti sate. Mantan Presiden AS, Barack Obama, mengakui sate adalah salah satu masakan Indonesia favoritnya. Namun sama dengan menggoreng, suhu yang terlalu tinggi akan menimbulkan resiko kesehatan. Apalagi jika memanggangnya sampai berwarna hitam.

Baca juga :

Daun Kemangi Perkuat Daya Imun & Basmi Jerawat

FAO : Pola Makan Jepang Role Model Gaya Hidup Sehat

Kalau pun Anda menyukai makanan yang dipanggang karena aromanya memang menerbitkan selera, rebuslah dulu hingga empuk. Baru kemudian ditaruh di atas perapian, atau bisa juga oven. Jangan memanggangnya terlalu lama, cukup sampai warnanya berubah coklat muda. Hindari langsung memanggang daging yang masih mentah. Selain beresiko tidak betul-betul matang, juga akan menyebabkan timbulnya reaksi terlepasnya senyawa kimia berbahaya.

Melumuri daging dengan cuka, lemon atau bumbu lain sebelum memanggang, bisa menjadi alternatif karena mengurangi resiko pelepasan zat berbahaya dari makanan.

Meski metode memasak yang sehat cukup penting, namun yang lebih penting lagi adalah menjaga asupan makanan ke dalam tubuh. Sekali pun memasaknya benar, namun makan berlebihan juga tidak baik karena akan memancing munculnya masalah kesehatan lain seperti obesitas. (inot)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan