border=

Drone Mulai Banyak Digunakan untuk Pertanian

drone untuk pertanian
(Dengan biaya yang cukup murah, Agricultural Drones memiliki kemampuan pencitraan dan sensor yang canggih sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian dan mengurangi kerusakan tanaman. Foto courtesy : DJI Image).

Pomidor – Perkembangan teknologi makin lama makin maju dengan pengaplikasiannya yang juga semakin luas. Salah satu teknologi yang kini kerap dimanfaatkan adalah drone atau pesawat nir-awak. Dilengkapi dengan kamera dan mampu terbang stabil, menjadikan pesawat tanpa awak ini sangat efektif untuk memantau kondisi suatu wilayah dari udara.

Dunia pertanian sendiri tak ketinggalan menggunakan teknologi drone, mulai dari mengawasi tanaman, hingga menyemprot pupuk atau pestisida dari udara. Selain itu, penggunaan drone dapat memonitor lebih rinci bentuk daun, buah, biji dan batang tanaman, sekaligus mendeteksi serangan hama lebih awal. Identifikasi dini kebutuhan unsur hara juga mampu dilakukan melalui teknologi ini, sehingga panenan nantinya bisa maksimal.

 border=

Untuk saat ini, komoditas pertanian di Indonesia yang banyak memanfaatkan drone adalah kelapa sawit dan padi. Itu pun yang areal lahannya sangat luas. Jika dulu dibutuhkan biaya besar, waktu dan tenaga untuk memantau lahan, katakanlah seluas 10 hektar, maka kini jauh lebih efisien menggunakan drone.

Baca juga :

Karet Indonesia Bisa Dibarter Sukhoi Rusia

 border=

Agri Hi-Tech Bisa Cegah Perang Rebutan SDA di Masa Depan

Memang, harga satu unit drone untuk pertanian atau agricultural drone, masih berkisar 10 jutaan. Namun harga itu terhitung murah karena untuk pengoperasiannya hampir tidak membutuhkan biaya tambahan. Cukup mengisi ulang baterainya, kemudian bisa dipakai lagi berulang-ulang. Dalam jangka panjang, pemakaian pesawat tanpa awak ini jelas lebih murah ketimbang menggunakan tenaga manusia untuk memantau ladang, sawah, atau areal perkebunan. Hasilnya pun juga lebih akurat.

Agricultural drone kini sudah mudah dijumpai di pasaran. Tak hanya lewat on line, peralatan ini sudah tersedia pula di gerai-gerai yang khusus menjual pesawat tanpa awak tersebut di berbagai kota besar di Indonesia. (inot)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan