Sektor Pertanian Berperan Kurangi Pengangguran di Nigeria

nigeria
(Sebagai sektor yang banyak menyerap tenaga kerja, sektor pertanian di Nigeria sangat berperan mengurangi tingkat pengangguran di negara tersebut. Foto courtesy : wealthresult.com)

Pomidor – Hampir sama dengan Indonesia, Nigeria saat ini juga menghadapi masalah tidak seimbangnya jumlah angkatan kerja yang bertambah setiap tahun dengan kesempatan kerja yang terbatas. Negara dengan populasi penduduk terbesar di Afrika itu dihantui problem angka pengangguran yang cukup tinggi. Namun pengangguran sebenarnya bisa dikurangi signifikan jika kaum muda mau berkecimpung di sektor pertanian.

Demikian dikatakan Daniel Afolabi, seorang akuntan Agrobisnis di Nigeria, dilansir dari Nigeri Bulletin. Ia menyebutkan kebijakan pemerintah membangun sektor pertanian berpotensi mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengabaian pemerintah terhadap sektor pertanian selama ini, terbukti justru meningkatkan kemiskinan.

Menurut Afolabi, tidak ada satu pun negara yang bisa membangun tanpa memberi perhatian yang memadai pada sektor yang berkaitan dengan pangan tersebut.

“Sebagian besar tantangan ekonomi yang dihadapi Nigeria saat ini adalah akibat diabaikannya sektor pertanian oleh pemerintah di masa lalu,” ia menambahkan. “Tapi komitmen pemerintahan yang sekarang patut diapresiasi, terutama kebijakan yang menyangkut ekspor produk pertanian.”

“Kebijakan tersebut akan membuat bisnis di bidang pertanian menjadi lebih menguntungkan dan menarik minat para investor untuk menanamkan modalnya di sektor ini. Dengan demikian secara bertahap akan meningkatkan pendapatan negara.”

Baca juga :

Kenya Nikmati Booming Ekspor Bunga

Afolabi berharap pemerintah Nigeria menambah alokasi anggaran untuk sektor pertanian agar dapat memenuhi permintaan ekspor dan konsumsi domestik.

“Para pemuda yang masih menganggur mestinya mampu memanfaatkan peluang usaha di bidang pertanian ketimbang sibuk menyalahkan pemerintah karena ketidakmampuan mereka mendapatkan pekerjaan,” imbuhnya.

Di sisi lain, Afolabi juga mendesak lembaga-lembaga penelitian di negaranya untuk lebih intensif meneliti varietas tanaman yang mampu menghasilkan panenan lebih tinggi. Sehingga pada gilirannya nanti akan meningkatkan produktivitas dan ekspor pertanian Nigeria. (inot)

1 Komentar

Tinggalkan Balasan