border=

12 Sayur dan Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

sayur dan buah mengandung vitamin C
(Tak hanya jeruk yang kaya akan vitamin C. Namun beberapa sayur dan buah bahkan memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak. Foto : pinterest.com)

Pomidor – Banyak di antara kita selama ini yang menganggap jeruk sebagai buah yang paling ideal untuk memberi asupan vitamin C ke dalam tubuh. Bahkan saking seringnya orang berpandangan demikian, jeruk adalah buah yang identik dengan vitamin C.

Padahal kenyataannya tidaklah demikian. Kendati mengandung sekitar 70 mg vitamin C untuk setiap jeruk ukuran sedang, kandungan vitamin yang diperlukan tubuh untuk menangkal berbagai penyakit itu masih kalah dengan beberapa sayur dan buah lainnya. Berikut adalah 12 sayur dan buah yang memiliki vitamin C lebih banyak dibandingkan jeruk.

 border=
  1. Cabai

Bagi kita orang Indonesia, cabai adalah salah satu unsur terpenting nyaris dalam setiap masakan. Semewah apa pun lauknya, tak akan nikmat tanpa rasa pedas atau sambal. Tapi tahukah Anda bahwa kegemaran pada makanan yang pedas-pedas ternyata membantu menyuplai vitamin C bagi tubuh kita? Setengah cangkir cabai menghasilkan 107,8 mg vitamin C atau jauh melebihi jeruk. Sebuah penellitian juga mengungkap capsaicin, senyawa yang membuat cabai terasa pedas, dapat mengurangi nyeri sendi dan otot.

 

  1. Paprika Merah

Secangkir potongan paprika merah mengandung hampir tiga kali lipat lebih banyak vitamin C daripada jeruk, yakni 190 mg. Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

 border=

 

 

 

 

 

  1. Paprika Hijau

Meski tidak sebanyak saudaranya, paprika hijau mengandung vitamin C sekitar 120 mg. Sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C Anda dalam satu hari. Selain itu, paprika hijau juga kaya akan serat.

 

 

 

 

 

  1. Kale

Semangkok kale menyediakan 80,4 vitamin C. Tak hanya itu, dalam porsi yang sama kale memiliki kandungan vitamin A dua kali lipat serta tujuh kali lipat vitamin K. Nutrisi dalam kale juga memberi banyak mineral dan asam lemak bagi tubuh.

 

 

 

 

 

  1. Brokoli

Sayuran ini mengandung 132 mg vitamin C dan kaya akan serat. Banyak penelitian juga merekomendasikan konsumsi rutin brokoli karena dapat mencegah kanker.

 

 

 

 

 

 

  1. Pepaya

Banyak pakar gizi sepakat bahwa mengkonsumsi pepaya dapat membantu membersihkan sinus, mencerahkan kulit serta menguatkan tulang Anda. Satu mangkuk pepaya juga menyediakan 88,3 mg vitamin C.

 

 

 

 

 

  1. Strawberry

Secangkir buah super ini mengandung 84,7 mg vitamin C, folat serta senyawa lainnya yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung. Manfaat lain yang tak terduga dari strawberry adalah kemampuannya membantu memutihkan gigi secara alami.

 

 

 

 

  1. Bunga Kol

Baik itu dipanggang, dikukus, ditumbuk atau pun dimasak biasa, memakan bunga kol memberi Anda asupan 127,7 mg vitamin C serta 5 gram serat dan 5 gram protein.

 

 

 

 

 

  1. Brussels Sprouts

Kubis kecil ini sarat dengan fitonutrien dan serat yang dapat mencegah kanker, termasuk  74,8 mg vitamin C. Untuk mengurangi rasa pahitnya, brussels sprouts terkadang dimasak dengan cara dipanggang di atas api kecil agar rasa manis alaminya keluar.

 

 

 

 

  1. Nanas

Selain 78,9 mg vitamin C, nanas mengandung bromelain, enzim pencernaan yang membantu memecah makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga bertindak sebagai antiinflamasi alami yang bisa membantu Anda pulih lebih cepat setelah berolahraga keras.

 

 

 

 

Baca juga :

3 Bagian Brokoli yang Bisa Dimasak

Cara Memasak Sama Pentingnya dengan Memilih Makanan Sehat

 

  1. Kiwi

Buah asli asal Shaanxi, Tiongkok, ini, satu porsinya (2 buah) memiliki 137,2 mg vitamin C. Buah dengan bulu-bulu halus ini juga kaya akan serat, potasium dan tembaga. Daging buahnya berwarna hijau terang dengan biji-biji kecil hitam yang bisa dimakan.

 

 

 

 

  1. Mangga

Satu buah mangga yang masak pohon, mengandung lebih dari 122 mg vitamin C. Mangga juga merupakan sumber vitamin A yang sama seperti vitamin C, mempunyai peran penting dalam menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan mata.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan