border=

3 Penyebab Umbi Wortel Bercabang Tumbuhnya

bentuk wortel bercabang
(Contoh wortel yang tumbuh bercabang dan yang tumbuh normal. Wortel bercabang karena mengalami gangguan sejak masa awal pertumbuhannya. Foto : Jasminto)

Pomidor – Bagi anda yang hobi berkebun, pernahkah anda menanam wortel? Budidaya wortel nyaris tidak ada gangguan hama daun. Ini karena daun wortel memiliki aroma atau bau yang sengir. Bau ini tidak disukai berbagai macam hama. Ulat, belalang, kutu daun tidak doyan menyerang daun wortel. Daun memang aman dari gangguan, namun tidak demikian dengan bagian akar wortel yang rentan serangan. Padahal akar wortel merupakan bagian penting karena akan berkembang menjadi umbi akar. Umbi akar inilah yang umum kita manfaatkan sebagai makanan.

Gangguan pada akar wortel akan membuat pertumbuhan umbi wortel tumbuh tidak normal. Umbi wortel yang tidak normal ditandai dengan munculnya cabang umbi dan bentuk umbi menjadi pendek, banyak lekukan. Beberapa gangguan yang sering terjadi pada umbi akar wortel adalah sebagai berikut:

 border=

Pertama, adanya parasit jenis cacing nematoda. Nematoda parasit ini dikenal sebagai Nematoda Puru Akar (NPA) Meloidogyne Sp. Cacing ini menyerang akar wortel yang masih muda. Akar wortel yang diserang akan terluka.

Kedua, tekstur tanah terlalu padat. Kondisi tanah padat disebabkan oleh kurangnya penyiraman. Selain itu juga dapat disebabkan oleh jenis tanah yang keras. Faktor tanah yang seperti ini mengganggu pertumbuhan akar dan dapat melukai akar.

Ketiga, adanya kerikil, batu, atau benda keras lain di dalam tanah. Benda keras tersebut menjadi penghalang akar wortel untuk tumbuh. Akar yang menabrak benda keras tersebut dapat menyebabkan luka.

 border=

Baca juga :

3 Bagian Brokoli yang Bisa Dimasak

FAO : Pola Makan Jepang Role Model Gaya Hidup Sehat

Bagian akar wortel yang terluka akan terhambat pertumbuhannya. Sedangkan hormon pertumbuhan akar akan terus bekerja. Kondisi seperti ini yang akan memaksa akar tumbuh bercabang agar akar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Maka jika Anda pernah menjumpai wortel bercabang atau ‘berkaki’, itu karena sejak masa pertumbuhannya sudah terganggu. Namun bukan berarti wortel itu tidak bisa dimakan, hanya sedikit menyulitkan ketika hendak dimasak karena bentuk akarnya yang kadang tidak karuan. (ito)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan