border=

5 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

manfaat kangkung bagi kesehatan
(Selain mudah dimasak, juga banyak manfaat kangkung bagi kesehatan. Foto : resepkoki.co)

Pomidor – Kangkung bisa jadi termasuk sayuran yang paling populer di Indonesia. Hampir setiap kuliner khas di berbagai daerah, pasti ada menu makanan yang menyajikan kangkung. Mulai dari Cah Kangkung Lombok, Plecing Kangkung Bali, Latuih Lalidi Balado Padang, Rujak Kangkung Sunda, hingga oseng-oseng Kangkung Jawa.

Tanaman tropis asal Asia Selatan ini sangat mudah dibudidayakan. Ia bisa ditanam di dataran tinggi maupun rendah. Juga ada dua jenis yang paling umum, yaitu kangkung air dan kangkung darat.

 border=

Selain enak dibuat masakan, ternyata banyak manfaat kangkung bagi kesehatan. Dalam satu ikatnya, kangkung mengandung 90 gram air, 3 gram protein, 5 gram karbohidrat, 1 gram serat, 81 gram kalsium, 3,3 gram zat besi, vitamin A dan vitamin C. Semua nutrisi ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, kangkung juga dapat mencegah beberapa penyakit. 5 di antaranya yang paling mujarab adalah :

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi yang ingin mengurangi berat badan dan kolesterol secara alami, jangan lupakan kangkung dalam menu Anda. Sebab sayuran ini memiliki khasiat ajaib menurunkan kadar kolesterol serta mencegah diabetes.

 border=
  1. Mencegah Gangguan Pencernaan dan Sembelit

Sayuran bergizi ini juga mengandung sifat penting lain yang secara natural dapat menangkal munculnya sejumlah masalah pencernaan. Serat dalam kangkung dapat berfungsi sebagai pencahar ringan yang mencegah gangguan pencernaan dan sembelit.

  1. Menyehatkan Mata dan Melembutkan Kulit

Ini adalah salah satu manfaat kangkung bagi kesehatan yang paling super. Anda sebenarnya tak perlu menghambur-hamburkan uang untuk beli vitamin, suplemen, atau produk-produk kesehatan bikinan pabrik. Cukup konsumsi secara rutin sayur-sayuran dan buah-buahan, termasuk kangkung, agar kesehatan mata Anda terjaga serta kulit Anda tetap lembut. Pasalnya, kangkung mengandung banyak karotin, vitamin A dan Lutein. Karotin dan vitamin A baik untuk kulit, sementara Lutein baik untuk kesehatan mata.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bergantung pada suplemen vitamin C yang banyak dijual bebas, adalah cara yang mahal dan tidak alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apalagi bagi mereka yang anggarannya terbatas. Sebaliknya, dengan secara berkala memasukkan kangkung dalam menu masakan, Anda sudah banyak berhemat. Konsumsi rutin kangkung bisa memberi 30 sampai 130 miligram vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalannya.

  1. Mencegah Kanker

Satu lagi manfaat kangkung bagi kesehatan, yaitu mencegah kanker. Kanker sendiri timbul akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Mengingat kangkung kaya akan beberapa jenis antioksidan, maka mengkonsumsinya secara teratur dapat mencegah munculnya kanker. Antioksidan memiliki peran penting menyingkirkan radikal bebas dalam tubuh sehingga mencegah pertumbuhan sel kanker.

Baca juga :

Penggemar Kopi Lebih Panjang Umur?

12 Sayur dan Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

Kendati banyak manfaatnya untuk kesehatan, namun mengkonsumsi kangkung berlebihan juga tidak baik. Kandungan zat besi dalam kangkung bisa berakibat buruk para penderita asam urat, misalnya. Selain itu, usahakan membeli kangkung organik. Karena sebagus apa pun khasiat makanan, jika terlalu sering terpapar bahan-bahan kimia, tetap saja akan berbahaya bagi tubuh. (inot)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan