Buah Lokal Dapat Kucuran Dana Triliunan Rupiah

buah lokal
(Pemerintah menganggarkan dana Rp 5,5 triliun untuk mengembangkan buah-buahan lokal. Anggaran sebesar itu antara lain berupa penyediaan bibit pohon dan pupuk gratis bagi petani.)

Pomidor – Untuk mengembangkan buah lokal dan meningkatkan produktivitas petani, pemerintah melalui Kementrian Pertanian menyiapkan dana sebesar Rp 5,5 triliun. Dana sebesar itu dialokasikan agar produk pangan dan buah lokal dapat bersaing dengan produk hortikultura dari negara lain.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengatakan pengembangan buah lokal yang didukung penuh oleh pemerintah itu dilakukan dengan memberikan bibit pohon dan pupuk gratis bagi petani.

Muat Lebih

“Itu perintah Presiden. Kami akan berikan bibit dan pupuk yang nilainya mencapai Rp 5,5 triliun mulai September nanti hingga tahun depan,” katanya Mentan seusai acara kampanye buah lokal di area hari bebas kendaraan bermotor di kawasan Thamrin, Jakarta, Minggu (13/8).

Sedangkan khusus mengenai bibit, Amran mengatakan jenisnya akan disesuaikan dengan keunggulan wilayah masing-masing daerah di Indonesia. Meski demikian, ia tak menjelaskan lebih jauh daerah mana dan petani buah apa saja yang bakal mendapatkan bantuan tersebut.

Seperti dikutip dari rmol.co, Mentan menambahkan bahwa buah-buahan lokal Indonesia berpotensi besar menjadi komoditas ekspor. Buah lokal seperti mangga, manggis hingga nanas sudah banyak dilirik negara lain, terutama negara-negara yang memiliki empat musim.

“Banyak negara yang sudah minta, seperti Jepang, China, Eropa juga minta untuk nanas dan manggisnya,” jelasnya.

Baca juga :

Ekspor Kopi ke Arab Saudi Masih Terbuka Lebar

Indonesia Berpeluang Jadi Eksportir Utama Beras Organik

Untuk mendorong hal tersebut, pihaknya telah bekerja sama dengan Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk membangun 30.000 embung yang nantinya akan mengaliri sekitar 4 juta hektar lahan.

Tak lupa Amran juga menghimbau masyarakat agar selalu mengkonsumsi buah lokal. Selain rasa yang enak serta variasi yang melimpah, mengkonsumsi buah-buahan yang tumbuh di nusantara juga merupakan insentif bagi petani lokal untuk lebih produktif. Apalagi buah-buahan asli Indonesia memiliki potensi besar menjadi salah satu komoditas andalan ekspor. (inot)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan