border=

Kalau Rumput Liar Bisa Ngomong …

rumput liar
(Meski menyebalkan, jangan membasmi rumput liar dengan herbisida berbahan kimia. Selain berbahaya, itu juga akan memutus komunikasi kita dengan mereka. Adanya rumput liar memberitahu kita kondisi suatu tempat layak atau tidak ditanami.)

Pomidor – Kita tentu sudah bosan menyiangi rumput liar yang tumbuh di pekarangan rumah. Hari ini dibersihkan, eh tak sampai dua minggu kemudian sudah tumbuh lagi. Dibersihkan lagi, tumbuh lagi. Begitu seterusnya. Bahkan saking jengkelnya, terkadang terpikir untuk membasminya dengan herbisida atau obat racun rumput berbahan kimia.

Tapi tunggu dulu. Kalau kita amati betul-betul, rumput liar tumbuh karena ada sesuatu yang hendak disampaikan. Kalau mereka bisa ngomong, mungkin kita mau mendengarnya barang sejenak.

 border=

Tumbuhnya rumput liar di suatu tempat sebenarnya menjelaskan banyak hal. Misalnya saja, tentang kondisi keasaman tanah, pH. Atau ketersediaan nutrisi di dalam tanah, mana yang banyak unsur haranya dan mana yang miskin zat-zat yang dibutuhkan tanaman. Tanpa kita sadari, rumput liar juga menunjukkan kepada kita mengenai tingkat kelembaban di bawah permukaan bumi.

Tanda-tanda rumput liar sedang berbicara dengan kita bisa berupa penunjukkan warnanya, bentuk daunnya, kedalaman akarnya, dlsb. Warna kuning dan bentuk batang kerdil, menandakan bahwa tanah tersebut minim nutrisi. Begitu pula sebaliknya. Warna hijau terang dan rumput cepat sekali menyebar pertumbuhannya, berarti tanah tersebut sangat kaya akan unsur hara.

Kelihatannya sepele. Tapi terkadang karena ingin menghindari kerepotan menyiangi rumput liar, orang menanam di tempat yang jarang tumbuh rumputnya. Tentu saja ini adalah tindakan yang hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga. Sebab, tanaman atau bunga yang hendak Anda tanam bakal bernasib malang. Semalang rumput yang tumbuh kerdil dan daunnya kuning.

 border=

Karena itu, keberadaan rumput liar tidak selamanya buruk. Mereka seolah ingin memberitahu kita di mana sebaiknya kita menanam dan apa saja yang dibutuhkan agar tanaman kita tumbuh subur.

Baca juga :

Penggunaan Pestisida Mutlak Harus Dikendalikan

Sama seperti apa pun yang hidup dan tumbuh di bumi, rumput liar juga mempunyai fungsinya sendiri. Jika kita mau berusaha memahami apa yang coba diceritakan oleh rumput yang tumbuh di pekarangan kita, maka kita akan memetik banyak manfaatnya. Hobi kita berkebun juga akan membuahkan hasil maksimal. Kalau pun rumput terus tumbuh di sekitar bunga-bunga yang kita tanam, ya konsekuensinya kita harus meluangkan waktu secara berkala untuk membersihkannya.

Yang penting jangan membasminya secara total, terutama dengan pembasmi rumput kimia. Cairan kimia pembasmi rumput tersebut akan meresap ke tanah dan mengganggu keseimbangan kehidupan mikroba pengurai di dalamnya. (inot)

3 Komentar

Tinggalkan Balasan