border=

Ajaklah Anak ke Dapur untuk Mengenal Makanan Sejak Dini

mengenal makanan sejak dini bagi anak
(Dapur adalah tempat ideal untuk mengenalkan berbagai macam makanan sejak dini pada anak. Selain itu, dapur juga bisa menjadi sarana yang efektif untuk belajar dan bermain yang bermanfaat bagi buah hati Anda. Foto : ninaneelofa.wordpress.com)

Pomidor – Dapur bagi sebagian besar kaum ibu, merupakan wilayah kekuasaannya yang terbesar di dalam rumah. Dari letak sendok garpu, kompor hingga makanan-makanan apa saja yang disimpan di lemari pendingin, hampir tak ada yang luput dari pengaturan para ibu atau emak-emak ini.

Begitu pula dengan siapa saja yang boleh bersliweran di dapur. Biasanya para ibu sering jengkel ketika sedang memasak, buah hatinya yang masih kecil hilir mudik ke dapur. Selain banyak barang berbahaya di dapur bagi anak kecil, keberadaan mereka tak jarang malah mengganggu konsentrasi memasak. Belum lagi kalau mereka rewel minta ini itu. Bisa tambah bikin senewen dan menyuruhnya segera pergi dari dapur.

 border=

Padahal dapur sesungguhnya adalah tempat ideal bagi anak untuk mengenal makanan sejak dini. Meluangkan sedikit waktu di dapur bersama anak akan membantu mereka mengetahui berbagai aneka makanan, termasuk buah, sayuran, daging dan ikan. Menjelaskan pelan-pelan kepada mereka tentang makanan apa yang akan disajikan hari ini berikut segala kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, sangatlah penting. Sebab dengan demikian ia memahami bahwa makanan yang sehat dan bergizi merupakan pondasi penting bagi kesehatan tubuh.

Dengan menemani anak di dapur, ia akan belajar menyentuh, mencicipi, merasakan, mencium dan mendengarkan. Aktivitas di dapur membuatnya bisa menggunakan segala indranya. Banyak cara bisa dilakukan untuk melibatkan anak memasak. Membantu menyiapkan makanan dan memasak akan menjadi sarana belajar keterampilan dasar memasak yang akan bermanfaat sepanjang hidupnya.

Memasak bersama anak, memberikan pengalaman praktis kepadanya. Misalnya, membaca buku resep membuat kue, kemudian mengikuti petunjuk serta mengukur bahan-bahan yang diperlukan. Hal ini akan menjadi keasyikan tersendiri bagi anak karena ia merasa seakan sedang bermain-main.

 border=

Selain itu, melibatkan anak memasak akan membuatnya mengembangkan keterampilan motorik halus, koordinasi mata dan tangan, dan bahkan konsep awal matematika dan sains. Asal telaten menjelaskan, banyak manfaat besar yang bisa dipetik di dapur bagi anak.

Baca juga :

Peduli Lingkungan? Biarkan Anak Anda Bermain di Luar

6 Alasan Kenapa Musti Beli Sayur & Buah dari Petani Lokal

O iya, memasak bersama anak bisa menjadi momen istimewa yang murah meriah untuk mendekatkan diri dengan si buah hati, lho. Ketimbang menyerahkan anak “diasuh” gadget atau smartphone, lebih menyenangkan berbagi ide dengan anak tentang menu masakan hari ini. Atau bisa juga bersama-sama membuka buku resep masakan untuk membuat eksperimen makanan yang akan dinikmati sekeluarga nanti sore.

Maka, kalau anak Anda senang berada di dapur, jangan buru-buru menyuruhnya pergi. Karena dapur pun bisa menjadi arena bermain sekaligus tempat yang efektif bagi anak untuk mengenal makanan sejak dini.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan