border=

China Ijinkan Impor Tanaman Produk Rekayasa Genetika

rekayasa genetika
(Meski masih kontroversial, pemerintah RRC mengijinkan impor lebih luas pada produk tanaman hasil rekayasa genetika untuk dipasarkan di negerinya. Menurut beberapa ilmuwan China, tanaman GM aman untuk dikonsumsi. Foto : bohatala.com)

Pomidor – Pemerintah Beijing memberi lampu hijau produk tanaman hasil rekayasa genetika (Genetically Modified atau GM) asal Amerika Serikat untuk diedarkan di pasar dalam negeri. Ijin diberikan setelah para pakar dari berbagai disiplin ilmu, menyatakan bahwa produk tanaman tersebut aman dikonsumsi, seperti dikutip dari laman sputniknews.com.

Impor 16 varietas tanaman produk rekayasa genetika disetujui oleh Kementrian Pertanian bulan lalu. Di antara 16 varietas tersebut adalah kedelai dan jagung.

 border=

Kebijakan pemerintah RRC itu mendapat dukungan kalangan akademisi. Yang Xiaoguang, seorang peneliti di Institut Nasional untuk Nutrisi dan Keamanan Pangan, mengatakan para ilmuwan secara umum sepakat bahwa makanan GM aman untuk dikonsumsi, baik itu di pasar China maupun luar negeri.

Yang, yang sudah 20 tahun lebih terlibat dalam penelitian keamanan pangan GM, menjelaskan tidak ada bukti makanan GM berbahaya bagi manusia.

Hal senada diungkapkan, Li Xinhai, seorang peneliti di Institut Teknologi Pertanian China. Ia menilai positif langkah pemerintah membuka pintu impor bagi produk pertanian hasil rekayasa genetika. Sebab itu bisa memenuhi permintaan domestik akan tanaman berkualitas tinggi, khususnya jagung.

 border=

Baca juga :

Makanan Rusia Kian Digemari di RRC

Untuk Pertama Kalinya AS Ekspor Beras ke RRC

Menurut pakar pertanian China, industrialisasi tanaman GM lokal adalah cara untuk membuat pasar domestik tidak terlalu bergantung pada produk impor.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negerinya yang terus tumbuh, pemerintah RRC membuka lebar keran impor. Untuk komoditas kedelai saja, impor negeri tirai bambu itu naik hampir lima kali lipat selama 13 tahun. Yakni dari 16,9 juta ton di tahun 2003, menjadi 83,9 juta ton di tahun 2016.

Pengertian tanaman hasil rekayasa genetika adalah DNA tanaman pertanian yang telah dimodifikasi. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan sifat baru pada tanaman yang tidak terjadi secara alami. Sifat baru hasil rekayasa ini meliputi ketahanan terhadap hama, penyakit atau kondisi lingkungan tertentu. Selain itu, dengan direkayasa DNA-nya, tanaman juga tahan terhadap perlakuan kimia (misalnya herbisida, fungisida, insektisida, dlsb), tidak gampang busuk serta memperbaiki profil nutrisinya (sumber). (inot)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan