Wortel Premium? Begini Cara Budidayanya

wortel mulus
(Ada beberapa faktor yang membuat wortel bisa dipanen mulus tanpa cacat. Selain sterilisasi media tanam, wortel premium bisa diupayakan dengan menjaga tingkat pH tanah.)

Pomidor – Wortel premium, selama ini hanya bisa dijumpai di supermarket besar atau supermarket yang khusus menjual sayur dan buah. Wortel kelas tersebut memiliki ciri-ciri antara lain umbi lurus, sangat sedikit lekukan-lekukan pada umbi wortel, tidak ada bekas luka pada wortel, tidak ada cabang pada umbi wortel. Pokoknya serba mulus, tidak seperti wortel yang umumnya dijual di pasar.

Link Banner

Namun yang jadi pertanyaan, bagaimana cara budidayanya sehingga menghasilkan wortel dengan kualitas super mulus? Caranya dengan mengatasi faktor penyebab umbi wortel tumbuh abnormal. Faktor penyebab tersebut adalah faktor parasit jenis Nematoda, jenis tanah, dan material yang terdapat dalam tanah. Namun anda jangan khawatir, setiap permasalahan pasti ada solusi. Berikut akan kita kupas sedikit solusi mengatasi ketiga masalah tersebut.

Pertama, nematoda merupakan kelompok cacing parasit berbentuk seperti benang. Parasit ini akan mucul terutama ketika tanah dalam kondisi lembab dan asam. Kondisi tanah yang seperti ini biasanya terjadi pada saat musim penghujan, dimana air hujan membawa kondisi asam dan minim sinar matahari. Untuk mengendalikan cacing nematoda dapat dilakukan dengan penambahan kapur pertanian atau dolomit pada lahan agar derajat keasaman (pH) tanah dapat netral (pH = 7). Pengendalian lain dapat dilakukan dengan membuat larutan kecubung, bawang putih, bawang merah, gadung. Larutan tersebut disiramkan ke tanah yang akan digunakan untuk menanam wortel. Larutan tersebut diharapkan dapat membunuh atau mengusir nematoda karena bahan pembuat larutan tersebut memiliki kandungan racun.

Kedua, solusi terhadap tanah yang keras dapat dilakukan dengan langkah berikut. Tanah keras yang menggumpal dalam kondisi kering dicacah dengan sabit agar menjadi bagian yang lebih kecil. Tanah yang sudah dicacah, sebaiknya ditambah pupuk organik, arang sekam, dan pasir sungai (dalam istilah jawa disebut kathel). Material tersebut dapat dikombinasikan dengan perbandingan sesuai keperluan. Pada saat musim kemarau, penyiraman tanah yang ditanami wortel juga sangat diperlukan. Jangan sampai tanah menjadi kering dan keras sehingga susah untuk ditembus akar wortel. Perlakuan-perlakuan terhadap tanah tersebut dapat membantu meningkatkan kegemburan tanah.

Baca juga :

3 Bagian Brokoli yang Bisa Dimasak

Permasalahan ketiga yang berupa material keras di dalam tanah, seperti batu, kayu keras, dan lainnya. Benda keras tersebut dapat diatasi waktu pengolahan tanah. Saat pengolahan tanah, sebisa mungkin membalikkan tanah sambil membuang material keras yang bercampur dengan tanah.

Namun bagi anda yang menanam wortel dalam polibag, akan lebih mudah melakukan kontrol terhadap faktor penyebab wortel bercabang. Media terbaik dapat diciptakan dari pupuk kandang yang sudah difermentasi dan dicampur arang sekam saja, tanpa ada penambahan tanah sedikit pun.

Jika Anda melakukan semua hal tersebut, Insya Allah Anda akan mendapatkan wortel premium seperti yang dijual di supermarket-supermarket besar. (ito)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan