border=

APIK Gelar Bazar Berbagai Produk Olahan Lele

produk olahan lele crispy
(Untuk membangkitkan minat masyarakat Kota Malang mengkonsumsi lele, APIK mengelar bazar yang memamerkan produk olahan ikan, khususnya lele. Foto : Yoyok/Pomidor)

Pomidor – Setiap bagian lele bisa diolah menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual tinggi, begitu pula yang dilakukan Andalan Perikanan Kota Malang (APIK). Dengan melakukan diservikasi produk APIK bisa mengolah lele menjadi berbagai makanan olahan yang menggoda, Jumat (8/9).

Dalam bazar ikan dan tani (Bazuri) di depan Swalayan Ikan Jl Sarangan Kota Malang berbagai produk olahan lele ditampilkan anggota Apik. Mulai dari lele crispy, lele tanpa duri, abon lele, krupuk lele, kripik lele, lele asap, lele goreng, bandeng tanpa duri, lele asap dan lain lain.

 border=

Anggota APIK, Handoyo mengungkapkan ikan lele memiliki berbagai keunggulan yang setiap bagiannya bisa diolah menjadi makanan dengan nilai jual tinggi. Dengan membuat beragam produk olahan lele, ikan berkumis ini pun menjadi makanan yang tak kalah dengan produk makanan ikan lainnya.

“Selama ini masih banyak yang memandang rendah lele dengan menganggapnya sebagai ikan murahan. Namun dengan sentuhan teknologi, ikan lele bisa menjadi ikan yang sangat menarik dikonsumsi,” jelas Handoyo, Jumat (8/9).

Selain olahan lele yang masih banyak monoton digoreng saja, banyak orang menganggap lele sebagai ikan yang jorok sebab doyan makan apa saja. Untuk mengatasi menyiasati hal ini, Andalan Perikanan Kota Malang terus mengedukasi masyarakat dengan mengenalkan lele sehat yang hanya memakan pelet.

 border=

Baca juga :

Kampanye Gemar Makan Ikan di SMPN 20 Kota Malang

Tips Agar Anak Suka Makan Ikan

“Lele produksi anggota APIK tidak diberi makanan kotor seperti bangkai ayam. Dengan terus melakukan edukasi kami berharap masyarakat semakin tahu produk kami benar-benar bagus, sehat dan halal,” tegas Handoyo.

Agar masyarakat semakin paham bagaimana mengenal lele yang baik, pada kesempatan pameran Bazuri di SWAI sengaja APIK mendatangkan langsung bagaimana budidaya lele yang dikembangkan. Mulai dari pemijahan, sampai dengan lele bisa dipanen termasuk cara yang balk mengolah lele.

Selain lele, pada kesempatan ini Apik juga menampilkan olahan ikan laut seperti berbagai macam siomay dan pentol dari ikan laut. Melalui cara ini diharapkan bisa membantu Kota Malang yang saat ini semakin giat mengkampanyekan gerakan makan ikan. (yok)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan