border=

Budidaya Brokoli Bakal Bisa di Dataran Rendah

budidaya brokoli tak harus di dataran tinggi
(Dengan mengoptimalkan sumber gen brokoli yang toleran terhadap suhu panas, tanaman kaya nutrisi ini kemungkinan akan bisa dibudidayakan di dataran rendah dan menengah. Foto : gardeningeasily.com)

Pomidor – Brokoli (Brassica oleracea L.) selama ini dikenal sebagai tanaman yang hanya ideal dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Kalau pun dipaksakan ditanam di dataran rendah atau menengah, krop bunganya tidak akan maksimal dan bobotnya pun sangat ringan. Sehingga akhirnya menjadi tidak ekonomis melakukan budidaya brokoli di tempat yang bukan di wilayah dataran tinggi.

Namun seorang ahli genetika asal South Carolina, Amerika Serikat, Mark Farnham bersama timnya, berhasil mengembangkan serta menemukan sumber genetik dari brokoli yang toleran terhadap suhu di dataran rendah. Hasil penelitian mereka ini dipublikasikan di jurnal ilmiah Theoretical and Applied Genetics.

 border=

Tim lain yang dipimpin pakar genetika, Sandra Branham, mengevaluasi sekelompok tanaman brokoli yang dikembangkan Farnham. Evaluasi tersebut untuk mengukur kemampuan brokoli menoleransi suhu tinggi dan mengidentifikasi penanda genetik yang tahan panas.

Temuan penting dari penelitian ini adalah sifat tahan panas brokoli dikendalikan oleh banyak gen. Gen-gen inilah yang kemudian dioptimalkan agar brokoli dapat ditanam tak hanya di dataran tinggi, tapi juga di dataran rendah dan menengah. Jika penelitian Farnham dkk betul-betul berhasil teruji di lapangan, maka ini tentu merupakan kabar gembira, baik itu bagi perusahaan benih komersial, petani maupun bagi konsumen. Hal itu akan berimplikasi pada turunnya harga brokoli karena menjadi jauh lebih mudah dibudidayakan.

Baca juga :

 border=

Bioaktif Lidah Buaya, Alternatif Antibiotik Pada Ayam Petelur

Menengok Rayap Berkebun Jamur

Saat ini Farnham tengah bekerja sama dengan para botanist di pesisir timur Amerika Serikat untuk mengembangkan tanaman brokoli yang toleran terhadap suhu tinggi. Begitu mereka memastikan brokoli bisa dibudidayakan di dataran rendah, banyak perusahaan pembenihan yang menyatakan tertarik untuk memproduksinya dalam skala komersial yang lebih luas.

Ketergantungan pada cuaca dingin memang merupakan kendala utama yang membatasi budidaya brokoli. Sehingga jika ada temuan yang mampu merekayasa sayuran yang kaya gizi ini ditanam di tempat-tempat dengan suhu tinggi, maka brokoli akan lebih mudah diperbanyak produksinya. Apalagi permintaan pasar terhadap sayuran ini juga terus meningkat pesat. (inot)

2 Komentar

  1. Iya, bu. Brokoli memang termasuk sayur yang paling komplit kandungan nutrisinya. Di rumah sayur ini termasuk wajib ada. Tapi sayang, untuk cari yang organik agak susah. Kalau yang dijual di pasar2, ngeri2 sedap kalau tahu sendiri perlakuan petani ke sayur ini.Hamanya banyak banget…

Tinggalkan Balasan