Menengok Rayap Berkebun Jamur

rayap berkebun jamur
(Beberapa jenis rayap berkebun jamur untuk memenuhi kebutuhan makanan koloni mereka. Foto : Khoirul Anwar)

Pomidor – Tahukah anda bahwa ternyata aktifitas pertanian dan peternakan tidak hanya dilakukan oleh manusia? Di bumi ini juga ada makhluk yang mampu melakukan aktifitas pertanian, misalnya rayap dan semut. Beberapa jenis rayap melakukan aktifitas berkebun jamur untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Di sisi lain beberapa semut bahkan berternak kutu untuk memenuhi kebutuhan makan mereka. Hal ini bahkan telah dilakukan semenjak belum ada manusia di muka bumi ini.

Di dalam artikel ini akan diterangkan khususnya mengenai bagaimana rayap berkebun jamur di dalam sarangnya.

jamur rayap
(Gambar tubuh buah aseksual jamur Termitomyces dan rayap tentara dan nimfa pekerja di kebun jamur rayap.)

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, rayap pada umumnya bersifat merugikan dan sering memakan kayu dan membuat rumah kita menjadi rusak, bahkan hancur. Namun tahukah Anda bahwa tidak semua rayap seperti demikian. Ada beberapa spesies rayap melakukan aktifitas pertanian berkebun jamur dan umumnya adalah rayap tanah, misalnya rayap Macrotermes, Microtermes, dan Odontotermes.

Rayap melakukan aktifitas foraging, yaitu aktifitas mengumpulkan kayu, ranting, dan daun di alam kemudian dibawa ke sarang di dalam tanah untuk dijadikan sebagai media tumbuh jamur. Selain rayap beberapa semut juga melakukan hal yang sama. Kayu dimakan dan dicerna sebagian oleh rayap kemudian dimuntahkan untuk membangun kebun jamur atau biasa disebut comb. Selanjutnya rayap menanam spora jamur Termitomyces pada sarang tersebut. Jamur kemudian akan tumbuh dan membentuk tubuh buah aseksual berwarna putih. Rayap akan memakan bagian tubuh buah jamur tersebut.

jamur rayap
Gambar tubuh buah seksual Jamur Termitomyces yang tumbuh dari kebun jamur rayap

Tahukan Anda mengapa rayap berkebun jamur? Nah, jadi seperti yang kita ketahui bahwa rayap banyak memakan kayu. Kayu lebih banyak mengandung selulosa dibanding protein. Sedangkan rayap membutuhkan protein yang cukup untuk tetap hidup. Oleh karena itu supaya tidak terjadi kanibalisme di dalam anggota koloninya, rayap melakukan aktifitas berkebun jamur. Rayap jenis ini tidak mampu hidup jika tidak mampu membuat kebun jamur.

Baca juga :

Semut Pemotong Daun Adalah Pelopor Pertanian

Jagung Lebih Baik untuk Makanan, Bukan Bahan Bakar

Sekedar tambahan informasi, pada saat musim hujan kebun jamur rayap akan banyak ditinggalkan oleh rayap. Namun kebun tersebut akan menghasilkan tubuh buah yang muncul dan menembus ke permukaan tanah dan menjadi makanan bagi makhluk lainnya, seperti siput, kumbang dan juga manusia.

NB: Tulisan ini merupakan sumbangan artikel dari Khoirul Anwar untuk Pomidor. Khoirul Anwar adalah Microbiology Student Bogor Agricultural University, Indonesia

2 Komentar

Tinggalkan Balasan