Tips Memakan Sayur Mentah

tips sebelum mengkonsumsi sayur mentah
(Sayur mentah meski menyehatkan, namun tetap harus hati-hati sebelum memakannya. Cuci hingga betul-betul bersih atau memanasi dalam waktu singkat, setidaknya dapat mengurangi resiko bagi kesehatan. Foto : Jasminto/Pomidor)

Pomidor – Bagi sebagian orang, sayur merupakan menu wajib yang harus ada dalam daftar makanan sehari-hari. Bahkan ada sebagian orang yang saking fanatiknya pada sayur dan buah-buahan, mereka enggan memasukkan daging sebagai menu makanan. Mereka inilah yang disebut vegetarian.

Vegetarian memakan sayur dengan berbagai cara mengolah sayur. Bahkan kini sudah mulai bermunculan penikmat sayur mentah dengan cara sederhana, yaitu dilalap atau dibuat jus. Pola makan sayur mentah dianggap sebagai pola makan yang baik karena bisa mempertahankan jumlah kandungan gizi dalam sayur. Namun harus tetap hati-hati dan menggunakan langkah yang tepat jika memakan sayur dalam kondisi mentah.

Muat Lebih

 border=

Sayur yang dimakan mentah sebaiknya sayur yang dibudidayakan secara organik. Sayur organik dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, termasuk pupuk dan pestisida. Penggunaan sayur yang tidak organik, dikhawatirkan terdapat residu bahan kimia sintetis yang jika terakumulasi di dalam tubuh dalam jangka waktu lama dapat memicu timbulnya penyakit seperti kanker.

Sayur yang akan dikonsumsi mentah harus dicuci dengan prosedur yang benar. Proses pencucian harus menggunakan air yang bersih dan mengalir. Pembilasan minimal tiga kali juga bisa digunakan sebagai pertimbangan. Sayur yang sudah dicuci beberapa kali sampai bersih, jangan langsung dikonsumsi. Masukkan dulu sayur tersebut ke dalam air panas. Proses pemanasannya tidak perlu lama-lama, cukup satu dua menit saja. Air panas berfungsi untuk meminimalkan jumlah mikroba yang  terdapat pada sayur, terutama mikroba negatif yang merugikan manusia. Waktu pemanasan yang singkat bertujuan agar gizi yang terkandung dalam sayur tidak larut ke dalam air.

Tidak semua jenis sayur dapat dikonsumsi mentah. Sayur yang mengandung solanin, seperti kentang dan terong tidak baik jika dikonsumsi mentah. Sayur yang mengandung glikosida sianogen, seperti buncis juga kurang baik jika dimakan mentah. Solanin dan glikosida sianogen jika terlalu banyak di dalam tubuh akan meyebabkan gangguan seperti mual-mual, pusing, kram perut.

Baca juga :

Kulit Pisang Mengandung Seabrek Manfaat

Termitomyces, Jamur Edibel Terbesar di Dunia

Konsumsi sayur mentah sebaiknya di mix dengan sayur lain yang memiliki rasa manis. Misalnya pakcoy atau sawi yang ada rasa sedikit pahit, bisa dicampur dengan kacang panjang atau wortel agar rasa pahit bisa ditoleransi oleh lidah. Kecuali bagi orang-orang yang sudah terbiasa dengan semua jenis sayur mentah, lidah akan mentoleransi rasa pahit tersebut.

Dengan melakukan beberapa langkah tersebut, anda akan menemukan sensasi baru hidup sehat dengan konsumsi sayur mentah. Salam sehat. (ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan