border=

Konsumsi Buah Berwarna Kuning Cegah Stroke

buah berwarna kuning
(Rutin mengkonsumsi buah berwarna kuning seperti pisang, dapat membantu mengurangi potensi serangan jantung dan stroke. Foto : pinterest.com)

Pomidor.id – Rutin mengkonsumsi buah buah berwarna kuning atau setidaknya dominan warna kuningnya, dapat menurunkan kemungkinan terkena stroke. Selain itu, mengkonsumsi buah tersebut juga meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Demikian hasil penelitian yang belum lama ini dipublikasikan.

Salah satu buah berwarna kuning ini adalah pisang. Pisang secara signifikan dapat mengurangi potensi serangan jantung dan stroke, klaim sebuah penelitian yang dilakukan para pakar kesehatan di Universitas Alabama, Amerika Serikat.

 border=

Menurut para pakar tersebut, memakan satu buah pisang setiap hari akan meredakan efek pengerasan pembuluh darah sekaligus mengurangi resiko penyumbatannya. Pisang juga membantu mencegah penyempitan pembuluh darah.

Hal ini bisa terjadi karena pisang sangat kaya akan potasium. Potasium adalah zat yang sangat dibutuhkan untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan darah.

Dari rilis Daily Mail, “potasium bersama dengan sodium mengatur keseimbangan cairan tubuh, irama jantung, pergerakan syaraf dan kontraksi otot.”

 border=

Untuk membuktikan hipotesa ini, para ilmuwan di Alabama melakukan percobaan pada tikus. Mereka membagi tiga kelompok tikus yang masing-masing kelompok diberi makanan dengan variasi kandungan potasium yang berbeda. Tikus yang mengkonsumsi makanan kaya potasium terbukti memiliki arteri atau pembuluh darah yang lebih lembut dan fleksibel.

Potasium dalam tubuh kita berfungsi sebagai penyeimbang sodium yang merupakan sumber utama garam dalam makanan. Saat kadar potasium naik, maka kadar sodium turun. Begitu pula sebaliknya. Terlalu banyak sodium atau makan asin-asin berlebihan, dapat menyebabkan berbagai efek samping yang buruk. Misalnya saja, retensi cairan dan tekanan darah tinggi. Sedangkan kekurangan potasium dapat menyebabkan tubuh terasa lemah dan merasa haus terus menerus.

Kalau pun Anda tidak menyukai pisang, ada banyak pilihan lain. Buah atau sayur yang kaya akan potasium sebagian di antaranya adalah alpukat, jeruk, tomat, brokoli, kecambah, kentang, kacang-kacangan. Sementara yang non buah dan sayur, adalah ikan dan ayam.

Baca juga :

7 Manfaat Pepaya yang Menakjubkan

12 Sayur dan Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

Meski demikian, pisang tetap merupakan salah satu pilihan terbaik untuk meningkatkan kadar potasium dalam tubuh. Sebab buah yang hanya tumbuh di daerah tropis ini memiliki sejumlah keunggulan. Pisang membantu menormalkan kadar gula darah. Kandungan seratnya yang tinggi sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Di sisi lain, rendah kalori serta sifatnya yang cepat mengenyangkan juga disarankan bagi mereka yang ingin menjaga berat badannya.

Sebiji pisang mentah memiliki 15 sampai 30 gram zat pati yang meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menjadi alternatif makanan bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi empat hingga enam pisang dalam seminggu juga membantu bagi mereka yang mempunyai masalah batu ginjal.

Yang patut diingat adalah memperhatikan takaran karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Menjejalkan terlalu banyak pisang ke dalam mulut bisa menyebabkan rasa tak nyaman seperti sakit perut, mual dan diare. Jadi konsumsilah yang wajar-wajar saja.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan