Jamur Morel, Jamur Termahal di Dunia Milik Indonesia

jamur morel
(Jamur Morel adalah jamur termahal di dunia yang dimiliki Indonesia. Jamur ini dihargai hingga 2 juta rupiah per kilogramnya. Foto : Rianto 2012)

Pomidor – Kekayaan alam Indonesia memang sudah tak diragukan lagi, mulai dari keanekaragaman flora, fauna hingga budaya serta bahasanya.

Berbicara soal kenakeragaman flora, tahukah pembaca ternyata jamur termahal di dunia ada di Indonesia. Salah satu mahasiswa IPB telah menemukan jamur morel di kawasan Taman Nasional Gunung Rinajani, Nusa Tenggara Barat. Lalu apa sih sebenarnya morel itu? Berikut informasinya.

Muat Lebih

Jamur merupakan organisme heterotrof, umumnya saprob yang memiliki tubuh buah, walaupun ada beberapa yang bersifat parasit. Tubuh buah jamur tersusun atas kumpulan miselium bersekat yang membentuk suatu struktur tubuh buah jamur, misalnya tangkai (stipe), tudung buah (pileus), dan lamella.

bentuk jamur morel
(Jamur morel memiliki tubuh buah menyerupai spons)

Jamur memiliki ukuran yang besar sehingga dapat dilihat oleh mata tanpa menggunakan alat bantu seperti lup dan mikroskop. Jamur biasanya termasuk ke dalam dua kelompok, yaitu Ascomycota dan Basidiomycota. Nah, morel yang ditemukan di Indonesia ini adalah jamur yang termasuk ke dalam kelompok Ascomycota.

Morel atau jamur spons (morchella) merupakan jamur kelompok Ascomycota yang memiliki tubuh buah menyerupai spons. Morel bersifat edible atau dapat dimakan. Habitat morel biasanya tumbuh di habitat yang kaya akan humus, daun yang telah mati dan di bawah pohon yang meranggas.

Baca juga : 

Menengok Rayap Berkebun Jamur

Termitomyces, Jamur Edibel Terbesar di Dunia

Jamur morel banyak ditemukan di Eropa dan digunakan sebagai hidangan makanan mewah di benua biru tersebut. Di Pakistan, jamur ini dijual U S$50 per kg dan bisa mencapai US$ 200 atau sekitar 2,6 juta rupiah per kilogramnya ketika sudah masuk ke supermarket.

NB: Tulisan ini merupakan sumbangan artikel dari Khoirul Anwar untuk Pomidor. Khoirul Anwar adalah Microbiology Student Bogor Agricultural University, Indonesia.

Tinggalkan Balasan