border=

Lidah Buaya, Mudah Dibudidayakan dan Serba Guna

lidah buaya
(Merawat lidah buaya sangat mudah. Tempatkan di dalam pot atau wadah apa pun, kemudian taruh di dekat jendela. Asal masih terkena sinar matahari, tanaman ini mampu bertahan hidup. Sudut ruangan pun tampak lebih cantik. Foto : istimewa)

Pomidor.id – Salah satu tanaman yang paling mudah dibudidayakan dan memiliki manfaat serba guna adalah lidah buaya. Selain mudah perawatannya dan tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas, manfaatnya bagi kesehatan juga sangat banyak.

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas di halaman rumah, Anda tak perlu bingung-bingung menanam lidah buaya. Cukup dengan pot, polybag atau kaleng bekas, Anda sudah bisa menanamnya Tempatnya pun bisa ditaruh di mana saja, yang penting terkena sinar matahari. Bisa di pojokan halaman atau di dekat jendela dapur, asal masih ada sinar mataharinya. Sudut-sudut ruangan juga tampak lebih cantik dengan adanya lidah buaya yang ditanam di dalam pot.

 border=

Tanaman yang memiliki nama keren aloe vera ini tergolong sebagai tanaman yang tak suka banyak air, sehingga merawatnya mudah karena tak harus menyiraminya setiap saat. Sehari sekali atau bahkan dua hari sekali tak masalah sebab tanaman ini mampu menyimpan air di dalam batangnya.

Selain tak sulit, menanam lidah buaya memilki banyak manfaat. Lendir atau gel yang ada di dalam tanaman berbentuk unik ini dapat dipakai untuk pertolongan pertama mengobati luka bakar atau luka terkena benda tajam. Sebab tanaman ini banyak mengandung zat-zat yang bersifat anti bakteri dan anti jamur sehingga membantu mempercepat proses regenerasi sel di tubuh atau kulit yang terluka.

Nenek moyang kita dulu juga kerap menggunakan tanaman ini untuk melembutkan dan menyegarkan rambut. Berkat kemajuan ilmu pengetahuan, fungsi lidah buaya berkembang menjadi bahan baku farmasi dan kosmetika. Kini umum orang memanfaatkannya sebagai pelembab, menghapus bekas make up serta pembersih tangan.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah khasiatnya untuk kesehatan. Berdasarkan sejumlah penelitian, tanaman asal daratan Afrika ini kaya akan enzim seperti asam amino, kalsium, vitamin, mineral dan zat-zat lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lidah buaya sangat manjur untuk mengurangi masalah gangguan pencernaan dan sembelit.

Baca juga :

Bioaktif Lidah Buaya, Alternatif Antibiotik pada Ayam Petelur

Kalau Rumput Liar Bisa Ngomong…

Saat ini kian banyak diproduksi makanan dan minuman berbahan baku lidah buaya. Beberapa di antaranya adalah nata de aloe vera, jus, puding, manisan, sirup, cendol, dlsb. Bahkan sudah mulai ada pula yang bereksperimen dengan mengolahnya menjadi permen dan keripik. Hasil olahan ini mulai banyak dijual di supermarket atau toko-toko makanan.

Untuk Anda yang ingin mencoba mengolah sendiri lidah buaya menjadi makanan atau minuman, tak usah risau. Banyak petunjuknya yang bisa Anda cari dengan mudah di mbah google.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan