border=

Menteri Susi Diselorohi Pangeran Charles Soal “Tenggelamkan”

Menteri Susi di OCC 2017 di Malta
(Para delegasi Our Ocean Conference di Malta. Indonesia diwakilli Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti. Foto : ec.europa.eu)

Pomidor – Sepak terjang Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pujiastuti, terus mendulang apresiasi masyarakat dunia. Bahkan Pangeran Charles dari Inggris tak ketinggalan memuji kinerja Menteri Susi dalam menjaga laut dan perairan Indonesia.

Menteri Susi Pujiastuti bertemu langsung dengan Pangeran Charles di forum Our Ocean Conference (OOC) 2017 di St. Julian’s, Malta, Uni Eropa. Dalam perbincangan singkatnya dengan pewaris utama tahta Kerajaan Inggris tersebut, Menteri Susi Pujiastuti sempat mendapat seloroh lucu.

Saat itu, Pangeran Charles yang didampingi Komisioner Eropa untuk Urusan Maritim dan Perikanan, Karmenu Vella, mengatakan agar Karmenu berhati-hati bila berada di dekat Menteri Susi.

 border=

“Kita jangan dekat-dekat sama dia (Susi), nanti kita bisa diledakkan (ditenggelamkan),” kata Susi menirukan seloroh Pangeran Charles, Jum’at (06/10), seperti dikutip dari Detik. Terang saja seloroh itu membuat Karmenu langsung tertawa.

Namun Pangeran Charles juga memuji menteri perempuan pertama di kementrian perikanan ini. Ia menilai kinerja Susi sangat bagus dan dapat menjadi role model penanganan berbagai isu yang berkaitan dengan kelautan.

Sebagai responnya, Menteri Susi mengundang Pangeran Charles untuk menghadiri OOC tahun 2018 di Indonesia.

 border=

“Tentu. Jika saya masih hidup,” jawab mantan suami Lady Diana itu antusias.

Baca juga : 

Kejahatan Industri Perikanan Ancam Kedaulatan Negara

Bahaya Merkuri dan Pentingnya Ratifikasi Konvensi Minamata

Sementara itu, dalam OOC di Malta yang berlangsung 5 hingga 6 Oktober itu, Susi Pujiastuti yang juga menjadi pembicara utama mengusulkan agar laut diperlakukan secara baik dan tak sembarangan. Apalagi wilayah laut meliputi 70 persen dari seluruh permukaan bumi.

“Usulan dari saya, laut itu harus diberikan hak. Seperti manusia yang punya hak asasi, laut juga punya hak asasi,” ujarnya sehari sebelum pertemuan.

Usulan ini pernah pula disampaikan Menteri Susi pada Konferensi Kelautan yang dihelat PBB di New York Juni lalu dengan nama UN Ocean Conference.

Sedangkan Pangeran Charles sendiri dalam pidatonya di forum OOC di Malta menyoroti pentingnya keberlangsungan kehidupan di lautan. Ia meminta semua pihak agar memperhatikan masalah laut dengan lebih serius lagi. (inot)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan