border=

3 Negara Teluk Cabut Larangan Impor Produk Pertanian Mesir

produk pertanian mesir
(Suasana di pasar sayuran di Kairo, Mesir. Sejak akhir pekan lalu, sejumlah negara Teluk mencabut larangan impor berbagai produk sayur dan buah-buahan asal Mesir. Foto : egypttoday.com)

Pomidor.id – 3 Negara Teluk di Timur Tengah, Bahrai, Kuwait dan Uni Emirat Arab (UEA), akhirnya sepakat mencabut larangan impor untuk berbagai produk pertanian Mesir. Pejabat berwenang di Mesir mengatakan, pencabutan larangan impor ini akan dimanfaatkan untuk menggenjot pertumbuhan ekspor agar dapat memperkecil defisit anggaran negaranya.

Kesepakatan tercapai setelah digelar beberapa kali pertemuan dan negoisasi antara delegasi Mesir dan negara-negara Teluk. Demikian pernyataan dari Kementrian Pertanian Mesir seperti dilansir Arab News.

 border=

Sebelumnya, produk sayur dan buah-buahan negara yang terkenal dengan piramidanya itu sempat dilarang masuk ke negara-negara Timur Tengah. Alasannya karena ada dugaan penggunaan pestisida yang berlebihan. Beberapa produk pertanian Mesir yang terkena cekal di antaranya adalah lada, lettuce dan bawang merah. Sanksi dari 3 negara Teluk tersebut berlaku sejak awal tahun ini.

Berita Terkait : UAE Larang Impor Produk Pertanian dari Beberapa Negara Teluk

Pemerintah Mesir sendiri telah mengambil langkah cepat dengan memerintahkan badan karantina di negara tersebut untuk memperketat pengiriman dan memperingatkan para eksportir agar tidak coba-coba melanggar standar internasional yang telah disepakati.

Pernyataan tersebut juga menjelaskan bahwa badan-badan pendampingan untuk memonitor kualitas produk telah ditunjuk di negara-negara tujuan ekspor. Kementrian Pertanian Mesir saat ini tengah bernegoisasi agar para eksportir yang melanggar aturanlah yang diberi sanksi, dan bukannya negara asal barang.

Ekspor produk pertanian Mesir meningkat 13,9 persen selama 9 bulan di tahun 2017 ini. Atau naik 4,1 juta ton dibandingakan 3,6 juta ton tahun lalu.

Berita Terkait : Merk Dagang Tunggal untuk Ekspor Sayur dan Buah Uzbekistan

“Larangan ekspor strawberry yang diberlakukan Arab Saudi juga sudah dicabut sekitar satu bulan yang lalu. Ini setelah seorang delegasi Saudi mengunjungi Kairo,” kata juru bicara kementrian pertanian, Hamid Abdel Dayem, hari Minggu (22/10).

Arab Saudi sejak Juli lalu memang mencekal produk strawberry Mesir masuk ke negaranya. Juga terkait adanya dugaan pemakaian pestisida yang melebihi ambang batas. Namun negara tetangganya di Afrika Utara, Sudan, belum mencabut larangan menyeluruh atas produk pertanian dan hewan ternak asal Mesir yang diterapkan sejak Mei lalu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan