Rasa Kopi Anda Terlalu Pahit? Taburkan Sedikit Garam!

garam menetralisir rasa kopi yang pahit
(Daripada memberi terlalu banyak gula, mending menaburkan sedikit garam pada segelas atau secangkir kopi. Natrium klorida pada garam dapat menetralisir rasa pahit kopi serta menambah cita rasanya. Foto : pinterest.com)

Pomidor – Berbeda dengan kopi instant atau kopi sachetan, kopi murni biasanya terasa sangat pahit. Sebagian besar orang akan menghilangkan rasa pahit ini dengan memberi banyak gula. Namun terlalu banyak gula juga tidak bagus bagi kesehatan. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan rasa kopi yang pahitnya keterlaluan ini adalah dengan menaburkan sedikit garam.

Sepintas memang tidak umum, kopi kok dikasih garam. Tapi secara ilmiah hal itu sebenarnya dapat dijelaskan. Kandungan ion natrium klorida dalam garam dapat menekan rasa pahit sekaligus menambah cita rasa. Itu terbukti pada setiap masakan yang Anda konsumsi. Hampir pasti ada kandungan garamnya yang memang ampuh meningkatkan rasa lezat pada masakan.

Muat Lebih

Demikian pula dengan kopi. Sejumput garam pada gelas atau cangkir yang berisi cairan hitam legam itu, akan menetralisir rasa kopi sehingga tidak lagi terlalu pahit di lidah.

Hebatnya lagi, taburan sejumput garam pada segelas kopi Anda di pagi hari tak menimbulkan efek apa-apa terhadap kesehatan. Lain halnya kalau Anda menambahkan terlalu banyak gula atau susu di gelas kopi Anda.

Baca juga :

Penggemar Kopi Lebih Panjang Umur?

Jagung Lebih Baik untuk Makanan, Bukan Bahan Bakar

Meski demikian, takaran garam pada kopi Anda ya juga jangan berlebihan. Terlalu banyak memberi garam malah akan membuat Anda dehidrasi dan kopi Anda pun juga menjadi tidak karuan rasanya. Seperempat sendok teh sudah cukup untuk menetralisir rasa pahit pada kopi.

Bagaimana? Mau mencoba sedikit garam pada kopi Anda? (inot)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

2 Komentar