border=

Mengoplos Minuman Energi dengan Alkohol? Situ Waras?

mengoplos minuman energi dengan alkohol sangat berbahaya

Pomidor.id – Hati-hati bagi Anda yang gemar mengkonsumsi minuman energi karena minuman tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik fisik maupun psikis. Apalagi mencampurnya dengan alkohol. Nyawa lho taruhannya. Mengingat potensi masalah kesehatan yang dapat ditimbulkannya, minuman yang sering diiklankan menambah vitalitas ini sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada anak-anak.

Sebuah tinjauan ilmiah mendapati bahwa di balik iklannya yang heboh, minuman energi ternyata menyimpan banyak resiko serius terhadap kesehatan. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan tekanan darah, obesitas dan kerusakan ginjal. Sementara yang berkaitan dengan mental adalah munculnya perilaku nyeleneh seperti senang menantang bahaya atau hal-hal yang memacu adrenalin lainnya.

 border=

Tinjauan yang dipublikasikan di sebuah jurnal ilmiah tersebut juga menekankan kekhawatiran adanya trend mencampur minuman energi dengan alkohol, utamanya di kalangan anak muda. Padahal mengkonsumsinya tanpa dicampur apa-apa saja sudah beresiko, apalagi mengoplosnya dengan alkohol.

Karena itu, jurnal tersebut merekomendasikan untuk melarang tegas penjualan minuman energi ke anak-anak dan remaja serta mencantumkan pula kadar kafein di dalamnya.

“Kami menyimpulkan, sama seperti bahayanya bagi jantung, ginjal dan kesehatan gigi, konsumsi minuman energi juga dapat beresiko pada perubahan perilaku dan mental,” ujar salah seorang penulis jurnal, Josiemer Mattei.

Sebagian besar minuman energi memiliki bahan kandungan yang sama. Yakni, air, gula, kafein, ekstrak vitamin dan mineral, guarana (zat yang dibuat dari biji-bijian yang digunakan sebagai stimulan), taurin dan ginseng. Beberapa malah mengandung lebih dari 100 mg kafein per ons cairan atau delapan kali lebih banyak dari secangkir kopi yang biasanya mengandung sekitar 12 mg kafein. Meski masih bisa ditoleransi orang dewasa, namun jumlah yang sama bisa menimbulkan reaksi yang buruk bagi anak-anak maupun kaum remaja.

Artikel Terkait : Rajin Gowes Cegah Kanker dan Serangan Jantung

Umumnya resiko kesehatan yang berkaitan dengan minuman energi adalah karena kadar tinggi pada gula dan kafeinnya. Konsumsi melebihi batas berpotensi membuat seseorang bertindak agresif, gampang cemas dan stres. Jantung berdebar, sakit perut dan iritasi pencernaan, juga merupakan efek samping lainnya.

Sedangkan jika dioplos dengan alkohol, sama saja dengan melipatgandakan resikonya. Anggapan bahwa minuman energi dapat mengurangi efek mabuk akibat alkohol, hanyalah mitos belaka. Mengoplosnya dengan minuman keras berkadar alkohol tinggi, justru meningkatkan dehidrasi dan racun di dalam tubuh.

Buktinya sudah banyak. Sudah terlalu sering kita disuguhi berita tentang korban yang meninggal sia-sia setelah menggelar pesta miras. Dan ketika aparat keamanan melakukan olah tkp, nyaris selalu ditemukan tergeletak botol minuman keras bersanding dengan botol minuman energi.

Makanya sangat aneh kalau masih ada yang nekad mengoplos minuman energi dengan minuman keras. Mau mabuk saja kok pake acara nambah vitalitas. Situ waras?

1 Komentar

Tinggalkan Balasan