border=

Manfaat Ajaib Daun Kelor bagi Kesehatan

daun kelor bermanfaat bagi kesehatan

Pomidor.id – Sudah ratusan tahun nenek moyang kita menjadikan daun kelor sebagai tanaman obat untuk berbagai macam penyakit. Sayangnya budaya ini kian lama kian tergerus oleh perubahan jaman. Gaya hidup tak sehat serta baru sibuk ketika penyakit datang, membuat orang cenderung lebih suka mengambil jalan pintas menyembuhkan penyakit dengan obat-obatan kimiawi. Padahal mengkonsumsi tanaman herbal secara rutin untuk memelihara kesehatan selain murah dan hampir tidak ada efek sampingnya, juga menguntungkan dalam jangka panjang.

Sebenarnya sudah lama PBB melalui Organisasi Pangan Dunia (FAO) merilis berbagai macam khasiat daun kelor untuk kesehatan. Tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini, terbukti kaya akan kandungan bioaktif dan antioksidan.

 border=

Beberapa manfaat ajaib daun kelor untuk kesehatan di antaranya adalah :

  1. Memiliki nutrisi tinggi

India dan sejumlah negara Afrika, mengkonsumsi daun dan kulit kelor dengan mencampurkannya pada menu makanan sehari-hari. Kebiasaan ini secara medis ternyata sangat dianjurkan karena daun dan bagian-bagian lain dari tanaman kelor merupakan sumber mineral dan vitamin.

Satu pucuk daun kelor mengandung 2 gram protein, Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dan magnesium. Selain itu, daun ini juga mudah dicerna, bersifat larut dalam air dan membantu proses pembentukkan sel darah merah. Dengan manfaatnya yang begitu banyak, tak heran kalau negara-negara maju kini mengekstraknya dalam bentuk bubuk dan kapsul sebagai suplemen makanan.

 border=
  1. Menambah energi

Daun dan bagian lain dari tanaman kelor dapat menambah energi secara alami. Selain itu, daun kelor juga berkhasiat menurunkan tekanan darah, menyembuhkan luka serta mengurangi rasa sakit seperti pada radang sendi. Daun ini sebenarnya juga dapat dipakai untuk mengurangi proses oksidasi pada makanan sehingga makanan pun jadi lebih tahan lama.

Artikel Terkait : Daun Kemangi Perkuat Daya Imun & Basmi Jerawat

  1. Kaya akan antioksidan

Tingkat radikal bebas yang tinggi di dalam tubuh akan memicu munculnya penyakit kronis seperti serangan jantung dan diabetes. Nah, daun kelor kaya akan senyawa yang dapat melawan radikal bebas tersebut.

Ada sejumlah antioksidan di tanaman ini yang dapat menurunkan tekanan darah dan asam klorogenik yang membantu dalam memoderasi kadar gula dalam darah setelah makan. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

  1. ekstrak daun kelor
    (Ekstrak daun kelor berupa kapsul kini mudah dijumpai di pasaran.)

    Mengurangi peradangan

Saat tubuh terluka atau terkena infeksi, tubuh akan secara alami merespon dengan peradangan sebagai mekanisme pelindung. Jika dibiarkan, peradangan ini akan merembet ke masalah kesehatan yang lebih serius. Memberikan beberapa helai daun kelor yang memiliki sifat anti-inflamasi akan meredakan proses peradangan tersebut.

Tak hanya pada manusia, khasiat yang sama juga berlaku pada hewan ternak maupun hewan peliharaan lainnya.

  1. Menurunkan kolesterol

Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, tak ada salahnya Anda memasukkan daun kelor sebagai salah satu alternatif pengobatan. Pasalnya di banyak penelitian, daun ini ternyata mampu menyeimbangkan kadar kolesterol di dalam darah.

Artikel Terkait : Lidah Buaya, Mudah Dibudidayakan dan Serba Guna

Mengingat manfaatnya yang begitu banyak serta perawatannya yang relatif mudah, sebagian negara kini getol menanam kelor. Israel misalnya. Negara yahudi itu kini berhasil menghijaukan padang pasir dengan tanaman kelor. Begitu pula dengan Kuba. Puluhan tahun diembargo membuat negara pulau di kawasan Karibia itu kesulitan memenuhi kebutuhan nutrisi warganya secara layak. Untuk mengatasi gizi buruk di negaranya, pemimpin Kuba, Fidel Castro, menganjurkan rakyatnya membudidayakan tanaman kelor.

Baik Israel maupun Kuba sekarng bahkan serius mengembangkan tanaman kelor untuk memasok bahan baku produksi makanan dan obat.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Memang belum ada gerakan menanam kelor semassif di Israel atau Kuba. Namun beberapa daerah di Indonesia sudah mulai membudidayakan tanaman kelor untuk kepentingan industri makanan dan obat-obatan herbal.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan