border=

MoU dengan Perusahaan & Ponpes untuk Pasarkan Produk Olahan APIK

APIK teken kerjasama untuk pemasaran produk olahan APIK

Pomidor.id –Workshop APPSI 2017 di Surabaya juga membawa berkah bagi Asosiasi Andalan Perikanan (APIK) kota Malang. Di forum antar daerah yang berlangsung selama tiga hari tersebut, APIK menandatangani kesepakatan kerjasama (MoU) dengan beberapa pihak, termasuk dengan sebuah pondok pesantren di Sidoarjo yang berkeinginan menjadi distributor berbagai produk olahan APIK.

Salah satu yang hendak bermitra dengan APIK adalah PT. Wadah Pangan Makmur. Perusahaan yang bergerak di bisnis makanan olahan itu tertarik mendatangkan produk para anggota APIK yang bergerak di budidaya ikan dan produk olahannya.

 border=

Menurut Loddy Gunadi, pemilik perusahaan PT. Wadah Pangan Makmur, seusai pertemuan dengan APIK disepakati beberapa hal. Di antaranya adalah :

1). Kunjungan selama 1 hingga 2 minggu untuk melakukan pelatihan teknis dan teknologi pengolahan.

2). APIK sebagai asosiasi yang mewadahi para pembudidaya dan pengolahan ikan, dapat memasukkan produk anggotanya ke PT. Wadah Pangan Makmur.

 border=

3). Menyediakan bahan baku tepung untuk kebutuhan produk olahan APIK

Beberapa kesepakatan tersebut dilakukan agar produk yang dihasilkan APIK bisa memenuhi standar perusahaan.

Ponpes Mukmin Mandiri distributor produk olahan APIK
(Penandatangan MoU KH. M. Zakki dari Ponpes Mukmin Mandiri Sidoarjo dengan Gubernur Jatim, Soekarwo. Pemprov memfasilitasi kerjasama antar pengusaha di Jawa Timur untuk memperkuat ekonomi kerakyatan.)

Sedangkan dengan KH. M. Zakki, pengasuh pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo, kerjasama berwujud kesediaan ponpes menjadi distributor produk olahan APIK, khususnya di wilayah Sidoarjo dan sekitarnya.

Yayasan Ponpes Mukmin Mandiri memiliki unit bisnis bernama Makmur Mandiri Agrobisnis dan Agroindustri. Unit usaha inilah yang nantinya akan menjadi distributor serta mengikutkan berbagai produk olahan APIK di pameran yang diadakan sebulan sekali di minggu pertama. Pameran tersebut dihadiri sekitar 500 entrepreuner muslim dari banyak daerah.

Sementara itu, pertemuan dengan Dinas Perindustrian Jawa Timur juga menghasilkan hal yang menggembirakan. Dinas Perindustrian Jatim mendukung dan akan menfasilitasi kegiatan APIK yang berhubungan dengan perindustrian.

Berita Terkait : Dinas Perikanan Jatim Tertarik dengan Konsep Usaha APIK

APIK turut hadir di Workshop APPSI atas undangan Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur yang sempat berkunjung ke Malang pekan lalu untuk melihat langsung kegiatan asosiasi yang diketuai Indra Juwono ini. Dalam kunjungannya tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Timur, Dr. Heru Tjahjono, memberi apresiasi atas konsep usaha APIK yang sepenuhnya mandiri sehingga bisa menjadi role model bagi usaha-usaha sejenis.

1 Komentar

  1. I have noticed you don’t monetize your page, don’t waste
    your traffic, you can earn extra cash every month because you’ve got hi quality content.

    If you want to know how to make extra bucks, search for:
    Boorfe’s tips best adsense alternative

Tinggalkan Balasan