border=

Nugget Singkong, Penganan Rakyat Bercita Rasa Kekinian

nugget singkong

Pomidor.id – Tanaman singkong bisa diolah untuk berbagai menu, mulai daun hingga umbinya. Daun singkong dapat dimasak sebagai sayuran sedangkan umbinya digoreng atau direbus sebagai kudapan keseharian. Tak hanya itu, untuk menambah nilai ekonomis, umbi-umbian yang akrab dengan sebutan penganan rakyat ini bisa juga diolah menjadi nugget singkong.

Di tangan mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Boga Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Anggun Yuni Adi Saputri, umbi singkong bisa disulap jadi makanan kekinian yang akrab di kalangan remaja berupa nugget .

 border=

Atas kreasinya itu, singkong tidak lagi hanya disajikan dalam bentuk gorengan atau rebusan, tetapi dapat menjadi alternatif lauk. Bahkan bagi anak bisa menambah nafsu makan, termasuk memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan. Kreativitas semacam ini diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan.

“Ya, itulah harapan dengan olahan nugget dari umbi singkong ini,” ungkap Anggun di Kampus UNY Sabtu (04/11), dikutip dari koran-sindo.com.

Untuk membuat nugget singkong, langkah pertama umbi singkong terlebih dahulu dikukus. Setelah itu dihaluskan serta daging ayam filet digiling dengan bumbu-bumbu hingga halus. Umbi singkong dan daging ayam filet dengan bumbu-bumbu yang sudah halus kemudian dicampur menjadi adonan. Campuran adonan yang sudah rata selanjutnya dimasukkan dalam loyang yang dilapisi plastik bening atau daun pisang yang diolesi minyak.

 border=

Artikel Terkait : Apple Segera Luncurkan Macam-macam Emoji Makanan

“Kukus selama 15-30 menit, kemudian angkat, didinginkan, dan potong berbentuk stik,” jelas Anggun.

Stik-stik itu lalu digulung dalam tepung kering sampai rata. Setelah itu, dimasukkan dalam tepung basah dan tepung roti. Stik tersebut digoreng hingga berwarna kecokelatan. Jika sudah kecokelatan, kemudian ditiriskan dan nugget singkong pun siap disajikan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan