Konsumsi Kacang Perkecil Resiko Serangan Jantung

konsumsi kacang sehatkan jantung

Pomidor.id – Bagi Anda yang gemar ngemil kacang, kabar ini mungkin bisa sedikit melegakan Anda. Di balik mitos-mitos efek buruknya bagi kesehatan, konsumsi kacang rata-rata 20g perhari ternyata dapat mengurangi resiko terkena serangan jantung hampir 30 persen. Makanan jenis biji-bijian ini juga menekan resiko kanker hingga 15 persen.

Link Banner

Hasil sebuah penelitian yang dilakukan para pakar kesehatan dari Imperial College, London, memaparkan lebih luas manfaat konsumsi kacang bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah menurunkan tingkat kematian dini sebesar 22 persen, diabetes hampir 40 persen, penyakit pernafasan sekitar 50 persen, serta mengurangi potensi terkena stroke.

Jenis kacang-kacangan yang menyehatkan ini adalah kenari, almond, kacang mente, lamtoro, kacang Brazil, dlsb. Termasuk pula kacang tanah yang lebih familiar bagi orang Indonesia.

“Kacang pohon dan kacang tanah kaya akan serat, magnesium dan lemak tak jenuh. Zat-zat ini bermanfaat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan dapat menurunkan kadar kolesterol,” kata salah seorang peneliti, Dagfinn Aune.

Artikel Terkait : Beras Hitam Mengandung Banyak Nutrisi

“Kenari dan almond kaya mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat menghambat stres oksidatif dan mengurangi resiko kanker. Meski cukup tinggi kandungan lemaknya, namun kacang-kacangan juga kaya akan serat dan protein. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa konsumsi kacang benar-benar dapat menurunkan resiko obesitas,” tambah Dagfinn Aune.

Sebelumnya para peneliti ini mengumpulkan data dari 29 kajian ilmiah yang pernah diterbitkan yang menguji manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan. Lebih dari 819 ribu orang yang dianalisa, terdiri dari 12 ribu kasus penyakit jantung, 9 ribu penderita stroke, 18 ribu kasus penyakit kardiovaskular dan kanker. Tak ketinggalan diteliti pula penyebab 85 ribu kematian akibat beberapa penyakit di atas.

Selama ini diketahui bahwa penyakit yang berkenaan dengan jantung adalah salah satu penyakit mematikan di dunia. Bermula dari nyeri di dada, gagal jantung dan kemudian serangan jantung banyak menyebabkan kematian. Resiko terkena penyakit jantung meningkat oleh gaya hidup tidak sehat seperti merokok, makan sembarangan yang berpotensi kolesterol, tekanan darah tinggi serta diabetes.

Walau pun tidak signifikan, konsumsi kacang secara rutin mengimbangi resiko-resiko tersebut. Hasil penelitian di atas mendapati kenyataan bahwa hanya dengan 20g kacang atau setara dengan satu kepalan tangan orang dewasa, terbukti dapat mengurangi resiko kematian fatal.

Artikel Terkait : Coklat Tingkatkan Kinerja Otak

Namun jangan menarik nafas lega dulu. Pasalnya, mengkonsumsi kacang lebih dari 20g sehari malah tidak memiliki efek positif apa pun bagi kesehatan. Yang ada bisa-bisa malah timbul masalah gigi di kemudian hari. Betapa tidak, bertahun-tahun “dipaksa” mengunyah barang-barang keras semacam kacang, ya lama-lama jebol juga tuh gigi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan