Indonesia Bantu Uzbekistan Kembangkan Produksi Cabai Rawit

uzbekistan produksi cabai rawit

Pomidor.id –  Pemerintah Uzbekistan berencana menyediakan lahan khusus seluas lebih dari 15 ribu hektar untuk budidaya tanaman cabai rawit. Cabai-cabai tersebut sebagian besar akan diarahkan untuk komoditas ekspor di pasar internasional. Menariknya, upaya menggenjot produksi cabai rawit itu dilakukan pemerintah Uzbekistan dengan menggandeng sejumlah pakar pertanian dari Indonesia.

Link Banner

Republik Karakalpakstan yang terletak di ujung barat laut Uzbekistan, merupakan daerah yang dipilih khusus untuk memulai produksi cabai rawit secara besar-besaran. Pemilihan Republik Karakalpakstan untuk pengembangan tanaman cabai sesuai dengan instruksi langsung dari Presiden Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev saat berkunjung ke republik tersebut Desember tahun lalu sebagaimana dilansir media Uzbek, Trend.

tanaman cabai rawit
(Selain Indonesia, beberapa negara seperti China, Meksiko, Thailand dan Vietnam merupakan produsen cabai rawit terbesar di dunia.)

Untuk benihnya, pemerintah Uzbeksitan mendatangkan dari Indonesia. Presiden Mirziyoyev tertarik dengan benih cabai asal Indonesia untuk dibudidayakan di negaranya ketika melakukan kunjungan ke tanah air beberapa waktu lalu.

Tak hanya benih, sejumlah ahli pertanian asal Indonesia juga didatangkan untuk mengembangkan tanaman cabai di negara asia tengah tersebut.

Baca Juga : Merk Dagang Tunggal untuk Ekspor Sayur dan Buah Uzbekistan

Di Indonesia sendiri, cabai rawit adalah salah satu jenis sayuran yang sangat populer. Mayoritas kuliner dari berbagai daerah di Indonesia akrab dengan tanaman yang memiliki rasa membakar lidah ini. Karena itu, cabai banyak dibudidayakan para petani di Indonesia di lahan yang teramat luas, sekitar 4,4 juta hektar. Jika musim baik, tak kurang dari 68,3 juta ton cabai dipanen setiap tahunnya.

Selain Indonesia, China, Meksiko, Thailand dan Vietnam adalah negara-negara produsen cabai terbesar sejagat. Secara global, tahun lalu total pendapatan dari perdagangan cabai di seluruh dunia mencapai lebih dari US$ 30 juta.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan