Iran Operasikan Greenhouse Hidroponik di Lahan Ribuan Hektar

greenhouse hidroponik di iran

Pomidor.id – Iran mulai mengoperasikan greenhouse khusus untuk tanaman hidproponik di Propinsi Markazi. Greenhouse yang berdiri di atas lahan seluas 15 ribu hektar tersebut merupakan bagian tahap awal dari rencana Iran membangun greenhouse seluas 50 ribu hektar. Untuk saat ini, greenhouse hidroponik itu beroperasi di Zarandiyeh yang terletak di ujung utara Propinsi Markazi.

Link Banner

Ambisi Iran membangun greenhouse hidroponik seluas 50 hektar adalah untuk menghasilkan 20 ribu ton produk-produk pertanian setiap tahunnya. Sekaligus pula menciptakan lapangan kerja baik langsung maupun tidak langsung bagi sekitar 2 ribu pekerja, demikian dikutip dari Mehr News Agency.

Sejauh ini, kantor berita yang sama menyatakan, Iran sudah mengucurkan dana hingga lebih dari US$ 43.79 juta (lebih dari Rp 582 milyar) untuk proyek tersebut.

Budidaya secara hidroponik sendiri merupakan metode menanam tanaman tanpa media tanah, hanya menggunakan nutrisi mineral dalam pelarut air. Meski tanpa media tanah, tanaman tetap dapat tumbuh sepanjang akarnya terpapar larutan mineral yang ditopang dengan media seperti perlit atau kerikil.

Baca Juga : Pro Kontra Tanaman Hidroponik Diberi Sertifikat Organik

Selain greenhouse hidroponik, Iran sudah membudidayakan aneka tanaman di dalam greenhouse yang berdiri di atas lahan seluas 12 ribu hektar. Kementerian Pertanian negeri para mullah itu menargetkan dalam waktu 20 tahun (2005-2025), luas greenhouse yang dibangun mencapai 48 ribu hektar.

Kementerian Pertanian Iran lebih jauh juga berencana menanam semua sayur-sayuran di dalam greenhouse dalam waktu 10 tahun ke depan.

Menurut Valiollah Bani-Ameri, Kepala Proyek Perluasan Greenhouse yang berada di bawah pengawasan Kementerian Pertanian, Iran saat ini menduduki peringkat kedua di bawah Meksiko dalam hal ekspansi pembangunan greenhouse secara besar-besaran.

Sumber : Financial Tribune

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan