Kuba-Oxfam Prioritaskan Pertanian Ramah Lingkungan

Pertanian ramah lingkungan Kuba

Pomidor.id – Pemerintah Kuba memprioritaskan produksi pertanian yang mengedepankan aspek bersahabat dengan alam. Praktik pertanian ramah lingkungan tersebut dilakukan di propinsi yang berada di sebelah timur Guantanamo.

Link Banner

Dilansir dari Radio Havana, Proyek baru pertanian ramah lingkungan ini merupakan kerja sama dengan International Confederation Oxfam. Oxfam merupakan sebuah konfederasi amal yang terdiri dari 20 organisasi internasional yang bekerja sama dengan banyak rekanan dan komunitas lokal di lebih dari 90 negara untuk memberantas kemiskinan global.

Dengan Kuba, Oxfam membantu pembangunan infrastruktur pertanian, rotasi dan diversifikasi tanaman pangan, serta penyediaan pakan ternak dan pembuatan energi terbarukan.

pisang andalan ekspor Kuba
(Selain gula dan cerutu, pisang merupakan produk ekspor andalan Kuba.)

Baca Juga : Program Pemberdayaan Pertanian Atasi Kemiskinan di Nigeria

Tujuan dari proyek tersebut adalah untuk membentuk sistem pertanian yang efisien secara ekonomi dan ramah terhadap lingkungan.

Oxfam yang bermarkas di Inggris ini sudah sejak tahun 1990 membantu Kuba. Dengan negara di kawasan Karibea yang masih awet “bermazhab” sosialis itu, Oxfam berkolaborasi menangani isu-isu seperti ketahanan pangan, manajemen resiko, persiapan dan ketahanan menghadapi bencana alam serta pembangunan lokal.

3 Komentar

  1. Rasanya kalau jenis pisang tidak terlalu jauh berbeda dengan yang di sini. Tapi di Kuba, perkebunan pisang betul-betul digarap layaknya industri yang menghasilkan bagi negara itu. Banyak pisang kuba yang diekspor ke AS, Eropa dan negara-negara Asia Timur.

Tinggalkan Balasan