border=

Sayuran Berwarna Ungu Trend Makanan di Tahun 2018

trend sayuran berwarna ungu

Pomidor.id – Tak hanya fashion atau dunia hiburan saja yang mengenal trend. Makanan pun juga demikian. Malah trend pada makanan kian mengerucut dalam hal-hal yang lebih spesifik. Sayur, misalnya. Di tahun 2018 ini, diprediksi akan muncul trend orang beramai-ramai mengkonsumsi sayuran berwarna ungu.

Waitrose, toko makanan online, memperkirakan tahun ini akan ada kecenderungan konsumen lebih suka menghidangkan makanan berwarna-warni di meja makannya. Termasuk sayuran berwarna ungu seperti wortel, ubi jalar, bunga kol dan terung. Sayur-sayuran tersebut akan semakin mudah dijumpai memenuhi rak-rak di pasar swalayan.

 border=
pisang ungu
(Untuk buah, pisang ungu termasuk yang paling dicari orang karena langka.)

Menurut para pakar kesehatan, mengkonsumsi makanan yang secara alami memiliki warna bermacam-macam, sangat baik bagi kesehatan. Pasalnya, makanan “pelangi” menjamin berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Begitu pula dengan sayuran yang didominasi warna ungu.

Baca Juga : Juwet Putih, Tanaman Langka yang Nyaris Tak Dilirik Orang

Kepala divisi produk makanan segar Waitrose, Nicola Waller, menggambarkannya dengan tepat.

 border=

“Media sosial telah mengubah hubungan kita dengan makanan. Kita berbagi foto hidangan lebih sering dari sebelumnya. Sebagai dampaknya, para konsumen kini kian bersemangat menambahkan hiasan di piring-piring mereka.”

“Makanan, termasuk sayuran berwarna ungu pun demikian. Ini terlihat dari kenaikan penjualan kami. Sebagai contoh Wortel Chantenay Purple yang kami jual mengalami peningkatan pesanan hingga 15 persen saat Natal kemarin. Bahkan kentang jenis Purple Sweet penjualannya melonjak lebih dari 70 persen tahun lalu. Orderan untuk blueberry juga mengalahkan strawberry,” kata Waller.

wortel ungu
(Wortel ungu meski relatif sudah banyak dijual di Indonesia, namun hanya tersedia di supermarket-supermarket besar. Harganya pun jauh lebih mahal ketimbang wortel merah.)

Waller menambahkan, sejumlah produk buah dan sayuran berwarna ungu lainnya akan mulai ditambahkan ke katalog perusahaannya tahun ini. Khusus untuk kentang ungu, ditargetkan penjualannya bisa mencapai 90 ton.

Dari data Waitrose’s Food and Drink tahun lalu, satu dari empat orang sangat memperhatikan tampilan sajian makanan di piring mereka ketimbang lima tahun sebelumnya. Ini karena secara estetika tampilan yang menarik berpengaruh pula terhadap tergugahnya selera makan.

Baca Juga : Apple Segera Luncurkan Macam-macam Emoji Makanan

Di luar buah dan sayur, pada daftar 10 makanan dan minuman yang bakal populer di tahun 2018 sesuai rilis Waitrose, di antaranya adalah kuliner India, “dude food” Jepang, snack kacang-kacangan serta minuman berkadar alkohol ringan. Makanan-makanan tersebut digemari, khususnya di kalangan anak muda.

Sayangnya, di daftar makanan yang dirilis Waitrose, tak satu pun kuliner Indonesia yang masuk. Bisa jadi ini karena cakupan layanan toko online makanan yang berkantor di Reading, Inggris, itu tak sampai ke Indonesia.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan