Ekspor Buah Chile ke Indonesia Bakal Meningkat 2-3 Kali Lipat

ekspor buah Chile ke Indonesia

Pomidor.id – Indonesia yang populasi penduduknya mencapai lebih dari seperempat milyar jiwa, merupakan pasar yang menggiurkan bagi masuknya aneka barang dari luar, termasuk buah-buahan. Chile, salah satu produsen utama buah-buahan, tak mau ketinggalan memanfaatkan pasar gigantik Indonesia ini. Bahkan ekspor buah Chile ke Indonesia dalam waktu dekat diperkirakan bakal meningkat hingga 2 sampai 3 kali lipat dari sebelumnya.

Link Banner

Paska disepakatinya Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) antara pemerintah Indonesia dengan Chile, negara yang terletak di kawasan Amerika Selatan tersebut berpeluang menggenjot ekspor buah-buahannya ke tanah air. Hal ini karena dalam CEPA akhir tahun 2017 lalu, tercantum kesepakatan bahwa sekitar 90 persen produk-produk Chile bebas bea masuk ke Indonesia. Sebagai imbal baliknya, 50 persen dari 199 produk Indonesia yang masuk Chile diberi pengurangan bea masuk.

“Prospek ke depannya sangat bagus. Dalam jangka pendek kami dapat meningkatkan pengiriman (ekspor) ke Indonesia 2 hingga 3 kali lipat,” demikian pernyataan Presiden Fedefruta, Luis Schmidt.

Baca JugaBuah Lokal Dapat Kucuran Dana Triliunan Rupiah

Sepanjang musim 2016-2017, ekspor buah Chile ke Indonesia sebesar 8.649 ton atau meningkat 81,94 persen dibanding musim sebelumnya.

Sebelumnya, sebagian besar buah-buahan segar asal Chile yang diekspor ke Indonesia dikenai bea masuk 5 persen. Khusus untuk jeruk Clementin dan Mandarin, bea masuknya sebesar 20 persen. Akan tetapi dengan adanya CEPA, volume ekspor impor kedua negara diperkirakan jelas akan meningkat.

Sumber : Fedefruta

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan