border=

Mesin Penggulud Dan Pemasang Mulsa Plastik Siap Dikembangkan

mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik

Pomidor.id – Setiap teknologi yang dihasilkan perlu dilakukan uji lapang agar teknologi tersebut dapat memenuhi standar yang telah ditentukan. Demikian pula dengan mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik yang setelah diuji lapangan, menunjukkan hasil sesuai yang diharapkan. Sehingga teknologi ini siap dikembangkan untuk tahap selanjutnya.

Suparlan, seorang perekayasa BBP Mektan disela-sela pengujian mengatakan bahwa bahwa mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik menggunakan penggerak traktor roda dua. Ini membuat mobilitas mesin di lapangan (lahan) bisa lebih efisien.

 border=

Selanjutnya ia menjelaskan mesin penggulud dilengkapi dengan bajak rotari untuk pengolahan tanah dan pengguludan dengan lebar kerja dapat diatur mulai dari 60 hingga 80 cm. Tanah hasil rotari dibentuk guludan dengan tinggi rata-rata 20 – 30 cm dengan lebar guludan dasar 75 – 80 cm dan bagian atas 60 – 70 cm. Mesin ini dapat memasang mulsa plastik dengan lebar plastik 80 – 120 cm.

Baca Juga : Mekanisasi Bentuk Transformasi Menuju Pertanian Modern

Mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik ini sangat cocok dan efektif digunakan di tingkat petani dengan luas area lahan yang rata-rata tidak terlalu luas. Hal ini karena mesin tersebut ditarik oleh traktor kecil roda dua sehingga lebih mudah untuk dioperasikan. Untuk tenaga penggeraknya adalah motor bensin 7,5 HP dan dilengkapi dengan roda karet. Stang kemudi dari traktor tersebut dapat diputar sejauh 360 derajat. Sedangkan Kapasitas kerja mesin penggulud dan pemasang mulsa plastik ini sekitar 15 – 20 jam/ha tergantung pada kondisi lahan (jenis tanah dan ukuran petakan lahan).

 border=

Dengan berkembangnya mesin pembuat bedengan atau guludan dan mesin pemasang mulsa plastik, diharapkan dapat meningkatkan minat petani dalam budidaya cabai secara mekanis. Alat ini juga dapat menjadi alternatif solusi dalam mengatasi permasalahan kekurangan tenaga kerja sehingga penanaman cabai dapat dilakukan secara tepat waktu.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan