Ingin Wajah Mengkilap Berseri? Konsumsi 5 Buah Ini!

buah untuk wajah mengkilap berseri

Pomidor.id – Sejak jaman baheula, kaum perempuan pada umumnya sangat berhasrat memiliki kulit wajah mengkilap berseri. Berbagai cara pun mereka lakukan untuk itu. Mulai dari facial, membeli kosmetik yang mahal-mahal hingga masuk kamar operasi pun rela mereka lakukan agar kulit wajah mereka dapat sekinclong dan semulus Kylie Jenner, misalnya. Tidak ada yang salah dengan upaya-upaya itu. Apalagi dari sononya kodrat kaum hawa memang selalu ingin tampil sempurna.

Link Banner

Hanya saja, perawatan kulit, khususnya kulit wajah, tidak bisa instant. Harus terus menerus dilakukan. Selain metode-metode di atas, sebenarnya ada cara lain yang murah meriah dan efek jangka panjangnya menguntungkan untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Yakni, mengkonsumsi buah-buahan secara rutin.

Buah, tak hanya bermanfaat untuk meremajakan kulit, namun aromanya terkadang juga dapat menghilangkan stress. Dari sekian banyak buah-buahan, ada beberapa di antaranya yang terbukti efektif untuk membuat kulit wajah mengkilap berseri. Berikut 5 buah yang dapat memperlambat penuaan dan membuat kulit wajah tampak mulus.

  1. Pisang

pisangIni termasuk buah yang melimpah di sekitar kita. Sejak lama pisang dikenal sebagai buah yang memiliki khasiat menakjubkan bagi kesehatan karena merupakan sumber zat besi, magnesium dan potasium. Pisang juga kaya akan vitamin A, B dan E yang berperan besar mencegah proses penuaan dini.

Dengan khasiatnya yang begitu banyak, tak heran jika banyak ahli nutrisi serta pakar kecantikan yang merekomendasikan rutin mengkonsumsi pisang untuk memperhalus kulit wajah dari dalam.

 

  1. Apel

apelMakan satu buah apel setiap hari, sangat manjur untuk menjaga kebugaran tubuh karena zat antioksidan di dalam buah ini menghindarkan kerusakan sel dan jaringan. Sejumlah studi oleh ahli gizi juga menunjukkan bahwa apel mengandung banyak elastin dan kolagen yang membantu menjaga agar kulit tetap kencang sehingga membuat tampak awet muda.

Rutin mengkonsumsi jus apel yang dicampur dengan madu, bisa menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah seperti menghilangkan jerawat, mencerahkan wajah kusam hingga mengurangi minyak di wajah.

 

Baca Juga : Konsumsi Buah Berwarna Kuning Cegah Stroke

  1. Jeruk

jerukBuah yang kaya akan vitamin C ini berfungsi meningkatkan tekstur kulit. Seperti apel, jeruk juga mengandung kolagen yang memperlambat proses penuaan kulit.

Selain buahnya dapat dimakan, kulit jeruk pun bisa dimanfaatkan. Caranya, gosok perlahan bagian dalam jeruk yang masih segar ke kulit wajah. Jika dilakukan teratur, hal ini akan membantu mengencangkan kulit wajah. Cara lainnya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari. Kemudian setelah kering, tumbuk hingga menjadi bubuk. Bubuk ini dapat digunakan sebagai scrub alami untuk membersihkan kulit wajah.

 

  1. Pepaya

pepayaSudah bukan rahasia lagi apabila pepaya menjadi bagian perawatan kecantikan sejak jaman dulu. Pasalnya, buah tropis ini kaya akan antioksidan, vitamin A serta mengandung enzim khusus yang disebut papain. Papain efektif memecah protein aktif, menyingkirkan sel-sel mati dan menghilangkan kotoran kulit.

Selain dagingnya nikmat untuk dibuat jus, kulit pepaya juga dapat dibuat masker. Gosok kulit pepaya yang telah dibersihkan ke wajah, lalu biarkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin. Karena mengandung alpha-hydroxy acids (AHA), kulit pepaya juga berkhasiat sebagai anti penuaan dini sehingga menjaga kulit tetap kencang dan halus.

 

  1. Mangga

manggaMeski nyaris semua orang mengenal buah ini, namun tampaknya masih belum banyak yang mengetahui khasiat ajaib mangga untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan beta karoten dalam buah yang memiliki jenis hingga ratusan ini, ampuh untuk mengatasi jerawat. Tak sekedar jerawat, jika dikonsumi rutin mangga ternyata dapat mencegah munculnya komedo dan mencerahkan kulit wajah. Sementara vitamin A dan antioksidan yang terdapat dalam mangga berperan mempercepat peremajaan sel-sel kulit dan menjaga elastisitasnya.

Selain manjur untuk perawatan kulit, serat yang tinggi pada mangga juga sangat baik untuk pencernaan dan mencegah sembelit.

Baca Juga : 12 Sayur dan Buah yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

Sebenarnya masih banyak lagi buah-buahan yang bermanfaat untuk perawatan kulit. Namun 5 buah tadi sudah cukup mewakili buah-buahan yang bermanfaat untuk perawatan kulit, terutama kulit wajah, mengingat ketersediaannya yang melimpah dan harganya yang relatif tidak terlalu mahal. Asal rutin mengkonsumsinya, manfaatnya untuk membuat kulit wajah mengkilap berseri pun akan segera terasa. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan