border=

Tukang Ukir Jepang Ubah Pisang Menjadi Karya Seni

pisang menjadi karya seni
(Keisuke Yamada seniman ukir pisang asal Jepang dengan latar belakang karya-karyanya. Foto : mokio.co.uk)

Pomidor.id – Jika sebagian besar buah dapat disimpan dalam lemarin pendingin, tidak demikian dengan pisang. Hal ini membuat kesegaran pisang tidak dapat bertahan lama dan mudah lembek atau berubah warna menjadi coklat. Namun di tangan seorang seniman Jepang, pisang-pisang ini diubah menjadi karya seni yang luar biasa.

Keisuke Yamada, seorang tukang listrik di Perfektur Shiga, Jepang, di waktu luangnya sering nyambi jadi tukang ukir. Bahkan terkadang ia juga memberi kursus keterampilan mengukir, terutama yang berkaitan dengan buah-buahan.

 border=
dewa dalam ukiran pisang
(Entah ini maksudnya Poseidon dalam mitologi Yunani atau Nyi Blorong, yang jelas ukiran pisang seperti ini sulit ditiru saking rumitnya. Foto : randommization.com)

Ide untuk mengukir buah pisang menjadi karya seni, berawal dari tahun 2011. Saat itu, ketika tengah mengupas pisang, terlintas di pikirannya bagaimana kalau ia mencoba mengukir sesosok wajah pada buah ini.

Dari sekedar iseng, Yamada pun mulai ketagihan mempermak buah pisang menjadi aneka bentuk, mulai dari wajah sampai miniatur binatang. Dan hobinya ini ternyata mendapat tanggapan positif ketika ia mengunggahnya ke internet.

minion dalam ukiran pisang
(Karakter dalam film populer juga tak luput dari keisenganYamada. Salah satunya adalah Minion. Foto : oddee.com)

“Sampeyan bisa mengukir wajah manusia, binatang, atau apa saja (dari pisang),” jelasnya dalam balasan email ke sebuah media online.

Baca Juga : Monyet Selfie, Siapa Pemilik Hak Ciptanya?

Yamada menambahkan, acap kali ia memperoleh inspirasi dari orang-orang di sekitar serta karakter dalam film yang lagi ngetop. Hebatnya, ia mampu mengukir buah pisang yang sebenarnya memiliki tekstur sangat lembut ini menjadi sesuatu yang mirip dengan bentuk aslinya.

ukiran ular dari pisang
(Ukiran ular dari buah pisang. Kalau pas mendadak listrik padam di malam hari, ukiran ini bisa-bisa bikin orang jantungan saking miripnya. Foto : mokio.co.uk)

Ular, misalnya. Ukiran ular dari pisang buatannya tampak menyeramkan. Lebih-lebih ketika ukiran ular tersebut yang masih tertutup kulit pisang, mendadak menyembul keluar. Begitu pula dengan ukiran yang lain seperti gajah atau kuda yang tampak sangat menakjubkan saking detilnya.

Biasanya Yamada menghabiskan waktu satu jam untuk membuat satu ukiran pisang. Namun pernah juga ia berkreasi non stop menciptakan 9 ukiran pisang dalam waktu 15 jam. Sedangkan untuk peralatan mengukirnya, Yamada mengatakan ia hanya memanfaatkan barang-barang rumah tangga yang mudah diperoleh seperti tusuk gigi dan sendok.

mancing ikan ukiran pisang
(Ya ini yang namanya mancing ikan dapat pisang. Foto : atlasobscura.com)

Seniman pisang berusia 31 tahun ini mengakui bahwa untuk membuat sebuah pisang menjadi karya seni hanya ada satu kendalanya, yakni waktu. Ia harus bekerja ekstra cepat sebelum buahnya menjadi semakin lembek dan warnanya berubah coklat karena proses oksidasi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan