border=

FAO Umumkan 14 Situs Pertanian Baru Warisan Dunia

situs pertanian
(14 situs pertanian dari berbagai negara akan mendapatkan penghargaan dari FAO sebagai sistem pertanian warisan dunia. Foto : FAO.org)

Pomidor.id – Organisasi PBB untuk urusan Pangan dan Pertanian (FAO) pada hari Kamis lusa (19/4), akan mengumumkan 14 situs pertanian baru warisan dunia di delapan negara Asia, Timur Tengah dan Amerika Tengah. Pengumuman itu akan dilakukan di Markas Besar FAO di Roma, Italia. Selain bos FAO, Jose Graziano da Silva, di acara tersebut rencananya akan hadir pula Wakil Menteri Pertanian Italia, Andrea Olivero serta Wakil Menteri Pertanian China, Zhang Taolin.

Dilansir dari laman resmi FAO, situs peninggalan pertanian yang menjadi warisan dunia ini berada di China, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Meksiko, Portugal, Spanyol dan Sri Lanka.

 border=

Penetapan situs-situs ini berdasarkan pada kearifan lokal para petani, penggembala, nelayan serta para penduduk di sekitar hutan di beberapa negara tersebut dalam memperlakukan alam sekitar. Selama berabad-abad kehidupan agraris mereka telah membentuk lanskap yang indah.

Dalam penyataan resminya, FAO menyebutkan, “Apa yang mereka lakukan telah menciptakan sistem pertanian dengan keindahan estetika yang luar biasa. Mereka telah melestarikan keanekaragaman hayati serta mewujudkan ekosistem yang tangguh dan menjadi warisan budaya yang sangat mengagumkan.”

Sejumlah pejabat tinggi dari Spanyol, Tanzania, Jepang serta perwakilan dari UNESCO juga akan menghadiri upacara pemberian penghargaan di Roma.

 border=

Baca Juga : FAO : Beri Akses Petani Kecil pada Pemanfaatan Bioteknologi

Sumber FAO menambahkan, mereka yang hadir akan berbagi pengalaman dan mengenalkan sistem pertanian tradisional di negara masing-masing. Tak ketinggalan diagendakan pula diskusi mengenai nilai ekonomi serta daya tarik pariwisata dari situs pertanian berbasis kearifan lokal tersebut.

Sejauh ini sudah ada 50 sistem pertanian tradisional yang mendapat penghargaan dan diakui pengaruhnya terhadap perkembangan pertanian secara global.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan