border=

Industri Pisang Kolombia Kerap Jadi Korban Kartel Narkoba

industri pisang kolombia
(Pisang-pisang dari perkebunan di Kolombia yang akan diekspor ke luar negeri. Industri pisang Kolombia kerap menjadi korban maraknya penyelundupan narkoba melalui kontainer berisi komoditas berorientasi ekspor tersebut. Foto : telesurtv.net)

Pomidor.id – Gerah dengan ulah kartel yang kerap mendompleng penyelundupan narkoba melalui ekspor pisang ke luar negeri, Presiden Asosiasi Pisang Kolombia, Juan Camilo Restrepo Gomez, akhirnya angkat bicara. Ia terang-terangan mengungkapkan penolakannya terhadap penyelundupan kokain ke Eropa dengan memanfaatkan ekspor pisang dari negerinya. Menurutnya, selain tidak etis, hal itu bisa membahayakan industri pisang Kolombia.

Dilansir dari laman Caracol Radio, dua hari lalu otoritas yang berwenang di Spanyol menyita ribuan ton pengiriman pisang dari Kolombia. Gara-garanya, di antara ribuan ton pisang tersebut terselip sejumlah besar kokain yang ditempatkan secara terpisah-pisah di dalam kontainer berisi pisang. Rencananya, dari pelabuhan Spanyol barang haram itu akan didistribusikan ke kota-kota besar di Eropa.

 border=

Baca Juga : Nelongsonya Jadi Pisang di Australia

Setelah mendapat informasi mengenai operasi pemberantasan narkoba tersebut, Restrepo Gomez, pemimpin asosiasi petani dan pengusaha pisang di Kolombia menyatakan kekesalannya. Ia mengatakan bahwa industri pisang Kolombia adalah korban dari kegiatan ilegal perdagangan narkoba internasional. Ia juga menyesalkan jerih payah petani dan pengusaha pisang di negaranya harus tercemar akibat kelakuan para pengedar narkoba itu.

“Kami melakukan aktivitas bisnis yang halal. Aktivitas bisnis yang turut menopang perekonomian negara kami selama bertahun-tahun. Namun ketika peristiwa (operasi penggagalan penyelundupan kokain) ini terjadi, kamilah yang jadi korban. Ulah brengsek mereka (kartel narkoba) menodai kerja keras kami,” ujar Gomez.

 border=
sitaan kokain yang diselundupkan di kontainer pisang
(Menteri dalam negeri Spanyol, Juan Ignacio Zoido, berdiri di samping sembilan ton kokain selundupan yang berhasil diamankan di pelabuhan Algeciras di Cadiz, Spanyol selatan. Kokain tersebut diselundupkan di dalam kontainer berisi pisang asal Kolombia. Foto : EPA)

Lebih jauh Restrepo Gomez mengharapkan adanya penambahan aparat keamanan untuk memantau pengiriman komoditas ekspor tersebut sejak dari tempat asal. Kontainer-kontainer berisi pisang yang diberangkatkan dari pelabuhan Uraba, Kolombia, harus dikontrol lebih ketat agar tidak sampai disisipi narkoba selundupan.

Baca Juga : Panama Disease Ancam Industri Perdagangan Pisang Global

“Kelakuan kartel ini tak saja menyusahkan industri pisang Kolombia, tapi juga masyarakat secara umum. Kontainer berisi pisang yang diselipi narkoba bagaimana pun akan memunculkan stigma yang kurang baik bagi kami selaku eksportir. Yang bisa kami lakukan sekarang ini hanyalah terus menjalankan aktivitas bisnis seperti biasa. Mudah-mudahan satu dua kejadian yang memalukan ini tidak sampai membuat generalisasi yang buruk terhadap sektor ini,” jelas Gomez.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan