border=

SMART-Fish Permudah Informasi Budidaya Ikan Patin

SMART-Fish
(Aplikasi SMART-Fish akan mempermudah perluasan informasi tentang produksi patin yang baik dan memenuhi standar. Foto : kkp.go.id)

Pomidor.id – Demi mendorong produksi patin lokal agar stabil dan berkesinambungan, utamanya pelaku usaha perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Marine Business Forum dengan tema “Patin : Peluang dan Tantangan”. Dalam forum yang digelar Rabu, (11/4) tersebut, KKP juga meluncurkan program SMART-Fish yang bertujuan untuk mempermudah perluasan informasi tentang produksi patin yang berkualitas.

Program SMART-Fish Indonesia merupakan mobile application yang memberikan informasi mengenai budidaya patin yang memenuhi standar kesehatan, keamanan pangan serta branding yang menarik. Dari rilis KKP, aplikasi ini hasil kerja sama antara United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang didanai Pemerintah Swiss (SECO).

 border=

Adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pembudidaya patin, termasuk pembudidaya rumput laut, meningkatkan produksi dan kualitasnya. Sehingga hasil panen yang diperoleh dapat lebih menguntungkan.

Baca Juga : Dinas Perikanan Propinsi Fasilitasi IKM Display Produk Olahan Ikan di Mall

Dalam Marine Business Forum yang berlangsung di Jakarta tersebut juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Super Indo dengan Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan. Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung berbagai kegiatan yang dijalankan oleh kedua belah pihak dalam rangka peningkatan konsumsi ikan.

 border=

Tak hanya itu, pemerintah memfasilitasi pembiayaan berupa dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam usaha komoditas patin. Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan bantuan berupa kredit Bank Jatim kepada Pembudidaya Patin, kredit Dagulir Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bekerja sama dengan Bank Jatim kepada 22 debitur dari 14 kelompok pembudidaya ikan patin di Kabuoaten Tulungagung, Jawa Timur, sebesar Rp 7 miliar.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan