Yamois Adakan Pelatihan Pembuatan Pempek Palembang

pelatihan pembuatan pempek
(Sinta Salsabila, instruktur pelatihan pembuatan pempek Palembang, tengah memberi arahan pada para peserta. Pelatihan pembuatan makanan olahan semacam ini nantinya diharapkan dapat membawa manfaat bagi peserta secara ekonomis. Foto : pomidor.id)

Pomidor.id – Untuk menambah keterampilan ibu-ibu membuat aneka jenis makanan sekaligus mengintip peluang ekonomisnya, Yamois mengadakan pelatihan pembuatan pempek tenggiri. Agar efektif, pelatihan pembuatan makanan khas Palembang itu dilakukan dua sesi, yakni hari Sabtu 21 April dan hari Minggu 22 April.

Selama ini hanya sedikit produsen makanan, khususnya di Malang, yang membuat sendiri pempek dengan cita rasa mendekati aslinya. Umumnya pempek yang dijual di Malang, bahan serta bumbunya didatangkan langsung dari Palembang. Padahal peminat makanan tradisional asli Indonesia ini cukup banyak. Peluang pasar inilah yang dibidik Yamois.

“Kami menawarkan pelatihan pembuatan pempek ini melalui media sosial. Responnya ternyata bagus. Banyak yang berminat untuk mengikuti pelatihan. Namun karena keterbatasan tempat dan agar pelatihan berjalan lebih fokus, peserta dibatasi 10-12 orang per sesi. Untuk sementara, saat ini hanya dilakukan dua sesi pelatihan. Hari ini dan besok,” ujar Hani Anissa dari Yamois, Sabtu (21/4).

Pelatihan pembuatan pempek itu digelar di kediaman yang juga difungsikan sebagai tempat penjualan berbagai produk Yamois, di kompleks perumahan Oma View, Kota Malang.

Baca Juga : Standarisasi Produk Penting untuk Perluasan Pasar

Hani menjelaskan, output dari pempek yang dihasilkan nantinya tak hanya bisa dinikmati sendiri. Tapi juga bisa dikomersialkan. Untuk itu, Yamois siap menampung pempek buatan para peserta yang tertarik menjadikannya sebagai usaha yang mempunyai nilai ekonomis.

“Asal produknya sesuai standar. Baik bentuk maupun bahan baku yang digunakan. Misalnya kalau pakai ikan tenggiri, ya semua harus pakai ikan tenggiri sebagai bahan bakunya. Ini biar cita rasanya bisa seragam,” tuturnya.

peserta pembuatan pempek
(Para peserta tampak bersemangat mengolah bahan baku untuk membuat pempek. Jika sudah mahir membuat pempek, Yamois siap membantu dalam penjualannya. Foto : pomidor.id)

Sedangkan untuk bentuknya, Hani menambahkan, ada tiga bentuk pempek yang umum dikenal, yakni bentuk panjang, bentuk adaan dan bentuk kapal selam. Tiga bentuk tersebut wajib dikuasai pembuatannya jika produk pempek memang ditujukan hendak dijual.

Baca Juga : Pelatihan Cabut Duri Bandeng Agar Lebih Nyaman Dikonsumsi

pempek pun jadi
(Voila! Pempek pun jadi. Foto : pomidor.id)

Adanya pelatihan semacam ini, lanjut Hani, merupakan inisiatif untuk menangkap peluang bisnis yang ada. Ia mencontohkan produk bandeng tanpa duri. Mengingat permintaan yang terus mengalir, ia mengatakan hal itu bisa dimanfaatkan ibu-ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. Begitu pula dengan pembuatan pempek Palembang. Yang jelas, Yamois siap menjadi mitra untuk membantu menjualkan produk-produk makanan olahan rumah tangga tersebut.

“Saya sendiri sudah dimintai ibu-ibu di kompleks perumahan sekitar sini untuk lebih sering lagi mengadakan pelatihan seperti ini. Hasilnya nanti bisa menjadi nilai tambah secara ekonomis bagi mereka. Tak harus lewat Yamois, mereka juga bisa menjualnya sendiri. Yang penting hal itu bisa mendatangkan manfaat bagi mereka,” pungkasnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan