border=

Alpukat dan Pisang Perkuat Memori Mimpi

alpukat dan pisang perkuat memori mimpi
(Ketika mengalami mimpi indah, seseorang akan berusaha keras mengingat-ingatnya seusai bangun tidur. Alpukat dan pisang dapat membantu hal ini karena memiliki kandungan vitamin B6 yang cukup tinggi. Foto : луна.net)

Pomidor.id – Saat tidur terkadang kita bermimpi, entah itu mimpi buruk atau mimpi indah. Kalau mimpi buruk, tak ingat pun ketika bangun sih tak masalah. Sebaliknya mimpi indah, biasanya kita akan berusaha keras mengingat-ingatnya. Nah, untuk membangkitkan mimpi indah tadi, Sampeyan boleh mencoba dengan makan alpukat dan pisang. Pasanya, dua buah ini mengandung vitamin B6 yang berkaitan dengan penguatan memori otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Adelaide, Australia, menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin B6 ternyata dapat membantu orang untuk membangkitkan kembali mimpi yang mereka alami kala tidur.

 border=

Penelitian ini melibatkan 100 partisipan dari seluruh Australia. Partisipan tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok mengkonsumsi suplemen vitamin B6 dalam dosis tinggi sebelum tidur, sementara kelompok lainnya hanya diberi kapsul plasebo biasa.

Selama lima hari berturut-turut, para partisipan ini diinstruksikan untuk merekam warna, kejelasan, keanehan serta emosionalitas mereka saat bangun tidur. Sebelum mengkonsumsi suplemen, sebagian besar partisipan jarang yang mampu mengingat mimpi mereka dengan baik. Namun di akhir penelitian, dilaporkan terjadi perbaikan dalam hal kemampuan mereka merekam mimpi yang dialami.

Baca Juga : Pola Makan Pengaruhi Suasana Hati

 border=

Salah seorang partisipan kemudian mengatakan, “Sepertinya mimpi saya menjadi lebih jelas dan lebih mudah diingat. Ketika terbangun, potongan-potongan dalam mimpi saya masih tergambar jelas.”

Rekannya yang lain menambahkan :

“Mimpi saya tampak nyata. Rasanya tak sabar ingin tidur lagi dan bermimpi!”

alpukat dan pisang
(Buah alpukat dan pisang yang kaya akan vitamin B6 membantu memperjelas potongan-potongan gambar dalam mimpi. Foto : pinterest.com)

Dr Denholm Aspy dari Fakultas Psikologi Universitas Adelaide yang menginisiasi penelitian ini mengatakan hal itu merupakan efek dari asupan vitamin B6 dalam dosis tinggi.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin B6 meningkatkan kemampuan seseorang mengingat mimpi yang dialaminya dibandingkan ia hanya mengkonsumsi plasebo,” ujarnya.

Dr Aspy menuturkan efek vitamin B6 tergantung pada dosis untuk meningkatkan kejelasan, keanehan, emosionalitas serta warna dari mimpi. Walau pun demikian, hal itu tidak mempengaruhi pola tidur seseorang.

“Ini adalah pertama kalinya dilakukan penelitian efek vitamin B6 dan vitamin B lainnya terhadap mimpi sejumlah besar orang,” papar Dr Aspy.

Baca Juga : Coklat Tingkatkan Kinerja Otak

Secara alami, vitamin B6 terdapat dalam pelbagai jenis sayur dan buah. Untuk buah, vitamin ini paling tinggi kadarnya ada di alpukat dan pisang. Jadi kalau ingin mimpi Sampeyan bertahan agak lama di memori otak, banyak-banyaklah makan alpukat dan pisang. Tapi sebelumnya pastikan dulu Sampeyan bakal mimpi indah. Sebab kalau sebaliknya, kan malah tambah repot.

2 Komentar

  1. Iyalah musti pasti dl mimpinya indah ga? Kl mimpi dikejar kunti kan ga perlu di-ingat2 lg. Makin cepat lupa makin bagus, hahaha

  2. Ya itu yang tidak dijelaskan bagaimana seandainya mimpinya adalah mimpi buruk. Tapi biasanya mimpi itu berawal dari suasana hati sebelum tidur. Jadi ketika suasana hati lagi tak enak, ya tidak usah makan alpukat & pisang. Takutnya nanti kalau mimpi buruk malah keinget terus, hehehe…

Tinggalkan Balasan