China Pasar Terbesar Ekspor Buah-buahan Asal Indonesia

ekspor buah-buahan asal indonesia
(Selain manggis, nanas kini juga merupakan primadona ekspor buah-buahan ke China. Negeri tirai bambu itu menjadi negara terbesar pasar ekspor buah-buahan asal Indonesia. Foto : scmp.com)

Pomidor.id – Permintaan pasar internasional untuk buah-buahan tropis terus menguat. Buah-buahan semacam manggis, pisang dan nanas tergolong komoditas yang paling dicari. Data dari WTEx (World’s Top Exports), mencatat ekspor buah-buahan asal Indonesia masih menjadikan China sebagai salah satu pasar utamanya.

Dalam kwartal pertama di tahun 2018, ekspor buah-buahan asal Indonesia ke negeri tirai bambu tersebut meningkat 6,13% dibanding kwartal yang sama di tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, Indonesia mengekspor buah-buahan volumenya mencapai lebih dari 325.000 ton.

Muat Lebih

 border=

Setelah China, berturut-turut negara yang menjadi pengimpor terbesar buah-buahan asal Indonesia adalah, Jepang, Singapore, Australia dan Amerika Serikat

Baca Juga : Buah Manggis Indonesia Kembali Diekspor Langsung ke Tiongkok

Direktur Buah dan Hortikultura Kementerian Pertanian Indonesia, Sarwo Edhy, mengatakan bahwa besar harapannya agar kemampuan mengekspor buah-buahan ini dapat berlanjut dan meningkat di masa mendatang.

Selain permintaan pasar global, kebutuhan pasar dalam negeri juga terus tumbuh secara signifikan. Adanya larangan sementara mendatangkan buah-buahan dari luar negeri yang diterapkan di tahun 2012, sedikit banyak berpengaruh terhadap meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap buah-buahan lokal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan