Forum Bisnis Indonesia di Bordeaux Buka Peluang Ekspor Kopi dan Teh

forum bisnis indonesia di bordeaux
(Forum Bisnis Indonesia yang difasilitasi KBRI di Bordeaux, menghasilkan pemesanan sejumlah komoditas asal Indonesia seperti kopi, teh dan furnitur. Image : kemlu.go.id)

Pomidor.id – Dalam gelaran Forum Bisnis Indonesia di Bordeaux, Perancis, terbuka peluang bagi pengusaha Indonesia untuk mengekspor kopi dan teh. Dubes RI untuk Perancis, Hotmangardja Pandjaitan, juga mengundang para pengusaha Perancis, khususnya dari Bordeaux untuk meningkatkan perdagangannya dengan Indonesia.

Link Banner

Hal itu diungkapkan Dubes Pandjaitan dalam rilis KBRI Paris. Forum Bisnis Indonesia diikuti sekitar 21 pengusaha Bordeaux dari berbagai sektor mulai dari kalangan importer produk makanan, industri anggur, fund management, energi terbarukan dan consulting. Ada pula pengusaha Indonesia dari PT InterAromat yang berbasis di Belanda.

Dubes Pandjaitan memaparkan bahwa selama ini produk dari Bordeaux yang masuk ke Indonesia umumnya adalah anggur. Di sisi lain, produk Indonesia yang ke pasar Bordeaux antara lain kopi, teh dan furnitur.

Para pengusaha Bordeaux sendiri mengapresiasi forum bisnis Indonesia. Hal ini terlihat dari tercapainya pemesanan vanili, teh, kopi dan makanan kering. Pengusaha Indonesia, PT InterAromat, telah melakukan tindak lanjut dengan melakukan kunjungan dan pertemuan lanjutan di berbagai perusahaan di Bordeaux pada tanggal 15 Mei 2018.

Baca Juga : Rempah-rempah Asal Indonesia Diminati Mesir dan Afrika

Sementara itu, dalam pertemuan dengan pengusaha anggur dan industri kayu, diperoleh informasi bahwa pengusaha Bordeaux ingin untuk melakukan impor barrel dari kayu jati, pembelian kayu, dan investasi dibidang perkayuan. KBRI Paris akan terus memantau dan memfasilitasi perkembangan minat para pengusaha tersebut dalam Forum Bisnis di Bordeaux.

Sebagai informasi, Bordeaux merupakan Kota terbesar ke-6 di Prancis yang selama ini dikenal sebagai pusat industri anggur dunia.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan