border=

Lilla Herbal, Manisan Empon-empon Olahan Ibu Rumah Tangga di Sukun

yanti produsen manisan empon-empon
(Yanti Larasati Syahdiyah (berkerudung) dengan rekan serta putri semata wayangnya saat menghadiri kegiatan UMKM di Hotel Atria, Kota Malang, beberapa waktu lalu. Image : istimewa)

Pomidor.id – Berawal dari sekedar coba-coba, seorang ibu rumah tangga asal Sukun, Kota Malang, memperoduksi manisan empon-empon. Mulai dari kencur, jahe hingga temu lawak diolahnya menjadi produk semacam permen yang mudah dikonsumsi kapan dan di mana saja. Produk tersebut diberi label Lilla Herbal.

Yanti Larasati Syahdiyah, seorang ibu rumah tangga asal Sukun, Kota Malang, mengungkapkan usaha manisan empon-empon ditekuninya sejak tahun 2015. Ide membuat manisan dari bahan-bahan yang lazim dipakai untuk bumbu dapur itu diperolehnya dari salah seorang kerabatnya.

 border=

“Tante saya yang pertama kali mengenalkan manisan empon-empon ini. Setelah saya coba, rasanya ternyata lumayan. Proses pembuatannya pun tak terlalu njlimet. Tapi yang mulanya saya coba buat manisan adalah kencur. Kemudian secara bertahap saya membuatnya dari jahe dan setelah itu temu lawak,” beber Yanti.

Hasil manisan empon-empon yang dibuatnya tak langsung dikomersialkan karena ia masih belum yakin apakah rasa dan takarannya sudah tepat. Namun respon positif dari orang-orang terdekatnya membuat Yanti memberanikan diri memproduksinya untuk dijual.

Baca Juga : BPOM Dukung Pengembangan UMKM Jamu Bersaing di Pasar Global

 border=

Hanya saja untuk mengenalkan sekaligus menjual produk manisan empon-empon buatannya di kalangan masyarakat luas, Yanti harus terlebih dahulu mengurus PIRT atau Produk Industri Rumah Tangga (izin produk olahan pangan skala rumah tangga yang dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan/BPOM). Pasalnya, PIRT ini adalah syarat yang musti dipenuhi pelaku UMKM seperti dirinya agar bisa memajang produknya di tempat-tempat umum, misalnya di pusat jajanan atau oleh-oleh.

manisan kencur
(Produk manisan kencur dengan label Lilla Herbal. Manisan kencur yang sudah mengantongi PIRT ini berkhasiat menjaga stamina dan menambah nafsu makan. Image : istimewa)

“Saya baru mengurus PIRT setelah setengah tahun menekuni pembuatan manisan ini. Itu memang syarat jika ingin menaruh produk olahan skala rumah tangga di beberapa tempat showcase produk UMKM,” ujar Yanti.

Ibu satu anak ini mengatakan produk manisan buatannya ini pada mulanya sempat dititipkan di pusat oleh-oleh khas Malang. Sayangnya, hal itu tidak berlangsung lama. Ada masalah dengan sistem pembayaran purna jualnya.

“Barang yang saya titipkan di sana cukup banyak. Tapi sistem kongsi yang disepakati di awal tidak berjalan lancar. Banyak barang yang sudah laku tidak terbayar hingga saat ini. Bagi pelaku usaha kecil seperti saya, tentu saja itu berat. Usaha saya juga sempat jatuh karenanya,” terang Yanti.

Belajar dari pengalaman ini, Yanti lantas lebih banyak mengandalkan media sosial untuk menjajakan manisan empon-empon buatannya. Melalui akun Instagram dan Facebook miliknya, pesanan pun mulai berdatangan. Untuk pemesanan jarak dekat, biasanya akan langsung ia antar. Sementara untuk orderan jarak jauh, ia memakai usaha jasa pengiriman.

“Alhamdulillah, ada saja pesanan dari Surabaya, Bali, hingga Jakarta. Malah ada kustomer yang pesan untuk dibawa pergi haji ke Mekah. Katanya sih untuk jaga kesehatan di tanah suci,” lanjutnya.

Baca Juga : Kopi Mazedo, Kopi Herbal untuk Kesehatan

wedang rempah
(Tak hanya manisan, Yanti juga memproduksi wedang rempah dari bahan-bahan alami. Image : istimewa)

Yanti menuturkan dalam perjalanan untuk mengembangkan usahanya ini ia sampai harus tiga kali mengganti kemasan produk. Semuanya itu ia lakukan agar manisan empon-empon buatannya lebih mudah diterima konsumen. Produk manisan itu ia labeli dengan nama Lilla Herbal.

Selain manisan, Yanti juga membuat wedang rempah yang banyak khasiatnya untuk menjaga stamina dan kesehatan. Baik manisan empon-empon maupun wedang rempah manfaatnya tak beda jauh.

“Sudah umum diketahui kalau kencur itu berkhasiat untuk mengobati masuk angin, batuk, sakit tenggorokan dan menambah nafsu makan. Jahe untuk penghangat tubuh. Sedangkan empon-empon dari temu lawak itu manjur untuk memperlancar pencernaan,” jelas Yanti mengenai manfaat bahan-bahan produknya.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan