border=

Korsel Kembangkan Perangkat Pendeteksi Virus pada Buah dan Sayuran

perangkat pendeteksi virus pada tomat
(Tomat termasuk tanaman yang rawan terserang penyakit. Dengan alat pendeteksi yang dikembangkan Korsel, serangan virus dapat dideteksi hanya dalam waktu dua menit. Foto : pinterest.com)

Pomidor.id – Otorita Pembangunan Pedesaan Korea Selatan, menyatakan terus menyempurnakan pengembangan perangkat pendeteksi virus secara diagnostik yang dapat mendeteksi 15 jenis virus yang kerap menyerang buah dan sayur. Perangkat tersebut telah digunakan selama 12 tahun terakhir.

Dilansir dari Kantor Berita Yonhap, Otorita Pembangunan Pedesaan Korsel mengeluarkan rilis tentang perangkat pendeteksi virus yang dikembangkan sejak tahun 2007. Perangkat ini diklaim mampu mencegah kerugian hingga 4 milyar won (sekitar Rp 500 milyar) akibat serangan virus di sektor pertanian setiap tahunnya.

 border=
alat pendeteksi virus
(Alat untuk mendeteksi ada tidaknya serangan virus pada tanaman buah dan sayur.)

Dengan perangkat ini, para petani dapat mendeteksi adanya serangan virus hanya dalam waktu dua menit. Beberapa komoditas buah dan sayuran yang rutin dimonitor ada tidaknya virus di antaranya adalah semangka, mentimun, cabai dan tomat.

Baca Juga : Nanopartikel Perak Perpanjang Masa Simpan Tomat

Sejauh ini ada kurang lebih 150 jenis virus yang telah ditemukan di tanaman lokal. Virus-virus tersebut sebagian besar menjadi penyebab tanaman pertumbuhannya lamban, produksi buahnya rendah dan kualitasnya buruk.

 border=

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan