Ribuan Orang Keracunan Jamur Liar di Iran

keracunan jamur liar di iran
(Konsumsi jamur liar yang banyak tumbuh di musim penghujan, menyebabkan keracunan massal di Iran, bahkan sampai memakan korban jiwa. Image : worldwidenews.eu)

Pomidor.id – Perwakilan resmi dari Departemen Keadaan Darurat di Iran, mengumumkan lebih dari seribu orang keracunan jamur liar secara massal di negara tersebut. 15 di antaranya bahkan meninggal dunia dan 1017 lainnya tengah dalam perawatan intensif.

Link Banner

Dari laporan media setempat, tak ada pengobatan yang efektif untuk menangani keracunan jamur liar semacam ini. Diberitakan pula setidaknya beberapa korban terpaksa harus menerima transplantasi hati.

Menurut otoritas yang berwenang, keracunan secara massal diduga akibat jamur liar yang dikonsumsi sepintas terlihat mirip dengan jamur yang edible (dapat dimakan). Inilah yang membuat penduduk lokal tidak dapat membedakannya.

Otoritas yang berwenang juga menghimbau agar masyarakat setempat tidak sembarangan mengkonsumsi jamur liar. Mereka disarankan membeli dan hanya mengkonsumsi jamur yang dikemas dan dijual di toko-toko untuk menghindari keracunan jamur liar.

Baca Juga : Termitomyces, Jamur Edibel Terbesar di Dunia

Rilis berita tambahan dari BBC Persia, jamur sering kali dijual bebas di jalanan Iran. Jika dulu warga mampu membedakan antara mana jamur yang dapat dimakan atau yang beracun, kini tidak lagi. Kebanyakan penduduk Iran saat ini sulit membedakan mana jamur yang aman dikonsumsi dan mana yang tidak.

Jamur beracun banyak tumbuh usai musim semi di daerah pegunungan sebelah utara Iran. Curah hujan yang cukup tinggi selama satu bulan terakhir, membuat jamur-jamur mematikan tersebut tumbuh lebih lebat dari biasanya. Hal ini menggoda warga setempat mengumpulkannya untuk dibawa pulang dan dimasak.

Be the first to comment

Leave a Reply