border=

Jaga Keamanan dan Kedaulatan Pangan, Hakim Meksiko Cekal Kentang AS

kedaulatan pangan Meksiko
(Karena alasan keamanan dan kedaulatan pangan, hakim di Meksiko cekal impor kentang asal Amerika Serikat. Image : mexiconewsdaily.com)

Pomidor.id – Entah ada kaitannya dengan respon atas kebijakan Pemerintahan Donald Trump yang proteksionis atau tidak, seorang hakim federal di Meksiko mencekal masuknya kentang asal Amerika Serikat ke negaranya. Alasannya selain adanya penyakit yang berpotensi mengancam keamanan nasional, juga demi menjaga kedaulatan pangan di negara sombrero tersebut.

José Francisco Pérez Mier, seorang hakim yang berasal dari wilayah Los Mochis di negara bagian Sinaloa, awal pekan ini menganulir kebijakan yang diambil Kementerian Pertanian Meksiko (SAGARPA) yang mengijinkan kentang asal AS masuk ke negerinya.

Sang hakim beralasan kebijakan Kementan Meksiko tidak konstitusional karena tidak menyertakan tindakan yang musti dilakukan untuk mencegah kemungkinan masuknya penyakit tanaman dalam kentang yang diimpor dari negeri jirannya di utara tersebut.

Baca Juga : Antisipasi Macetnya NAFTA, Meksiko Lirik Rusia dan Uni Eropa

Menurutnya, hal itu tak saja mengancam kedaulatan pangan, tapi juga mengancam tanaman hortikultura yang dibudidayakan di Meksiko seperti cabai, tomat, terung dan tembakau.

“Masuknya kentang segar dari Amerika Serikat melanggar hak asasi pada pangan yang sehat, bertentangan dengan kedaulatan nasional serta menyebabkan ketergantungan pangan,” demikian penjelasannya dikutip dari media online Meksiko.

Lebih lanjut Pérez menegaskan, kentang domestik lama-lama akan tersingkir jika impor kentang segar dari AS terus membanjiri pasar Meksiko. Ia menuding pemerintah federal lebih memihak kentang impor yang jelas-jelas disubsidi pemerintah AS ketimbang mendukung produksi sayuran lokal.

Ketergantungan pada impor bahan makanan pokok dalam jangka panjang sangat berbahaya. Apabila hal ini dibiarkan tanpa kendali, sang hakim khawatir kedaulatan pangan Meksiko bakal dibalik baying-bayang “kekuatan asing”, yakni Amerika Serikat.

Baca Juga : Pisang Organik di Meksiko Nikmati Puncak Produksi

Berdasarkan data resmi, tahun lalu pengiriman kentang dari AS 122.796 ton. Sementara Januari hingga April tahun ini, impor komoditas yang sama dari AS sebanyak 36.516 ton.

Dari dalam negeri, produksi kentang Meksiko di tahun 2014 mencapai 1.579 juta ton. Produsen utama kentang adalah Sonora dan Sinaloa di utara serta Puebla di wilayah tengah Meksiko.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan