Lagi, Jamur Beracun Tewaskan 6 Pekerja Asing di China

Jamur beracun "Little White"
(Jamur “Little White” diduga menjadi penyebab tewasnya enam pekerja asal Myanmar di Propinsi Yunnan, China. Image : coconuts.co)

Pomidor.id – Enam tenaga kerja asing asal Myanmar, dilaporkan tewas karena mengkonsumsi jamur yang diduga kuat beracun di sebuah perkebunan di Propinsi Yunnan, China. Kejadian ini menambah panjang kematian akibat menyantap jamur beracun setelah sebelumnya juga menewaskan puluhan orang di Iran.

Dari pernyataan resmi otoritas setempat, para pekerja asing itu keracunan jamur tanggal 11 Juni. Namun baru dilarikan ke rumah sakit di Yunnan beberapa hari setelahnya. Enam dari mereka kemudian meninggal antara tanggal 16 dan 18 Juni. Sementara seorang lagi masih dirawat intensif.

Para pekerja asing di China tersebut berasal dari Magway, Ayeyawady dan Bago, yang merupakan wilayah miskin di Myanmar.

Baca Juga : Ribuan Orang Keracunan Jamur Liar di Iran

Belum diketahui pasti jenis jamur beracun yang menyebabkan sejumlah orang meregang nyawa itu. Namun kematian gara-gara mengkonsumsi jamur yang memiliki kadar racun tinggi bukanlah kejadian aneh di Yunnan. Selama tiga dekade terakhir, dilaporkan lebih dari 400 orang tewas akibat menyantap jamur beracun di propinsi yang berbatasan langsung dengan Myanmar tersebut.

Kematian paska mengkonsumsi jamur biasanya dikaitkan dengan “Sindrom Kematian Mendadak Yunnan”. Sebuah jurnal sains menyebutkan penyebabnya adalah sejenis jamur kecil yang disebut Trogia venenata, atau yang juga dikenal dengan nama “Little White”.

Jamur ini mengandung tiga asam amino beracun. Jika dimakan, akan segera menimbulkan gejala mual, pusing, jantung berdegup kencang, kejang-kejang, hingga kematian. Meski demikian, sebenarnya sudah tidak ada laporan orang terkena “Sindrom Kematian Mendadak” ini sejak tahun 2010.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan