border=

Resmi, Kanada Legalisasi Ganja Pertengahan Oktober Mendatang

Kanada legalisasi ganja
(Mulai 17 Oktober nanti, ganja bukan lagi barang terlarang di Kanada. Image : plant.ca)

Pomidor.id – Setelah beberapa hari lalu seorang ibu di Inggris mendesak legalisasi ganja untuk pengobatan, langkah lebih ekstrim lagi dilakukan Kanada. Negara di Amerika Utara itu bakalan membolehkan warganya menikmati ganja secara legal, meski jumlah pemakaiannya masih ketat dibatasi.

Kanada akan menjadi negara G7 pertama yang mengijinkan pemakaian dan penanaman ganja untuk konsumsi sendiri tanggal 17 Oktober 2018. Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau.

 border=

Dikutip dari CTV News, Keputusan melegalkan ganja untuk relaksasi tersebut tercapai setelah parlemen menyetujuinya melalui voting. Dengan demikian Kanada menjadi negara kedua yang membolehkan warganya mengkonsumsi ganja. Uruguay adalah negara pertama yang melegalkan ganja sejak lima tahun lalu.

“Kami berkomitmen memperbaiki sistem yang dapat lebih melindungi kaum muda sekaligus membatasi gerak kejahatan terorganisir (pengedar narkoba),” kata Trudeau pada sesi tanya jawab dengan Parlemen Kanada.

Baca Juga : Waduh, Seorang Ibu Desak Liberalisasi Ganja Demi Pengobatan Anaknya

 border=

Kubu Liberal sebelumnya sempat menginginkan agar legalisasi ganja itu dilakukan tanggal 1 Juli atau tepat pada perayaan Hari Nasional Kanada. Namun legalisasi ditangguhkan tiga bulan karena sejumlah propinsi meminta tambahan waktu untuk menyiapkan perangkat hukumnya.

“Kami memahami permintaan dari sejumlah propinsi dan wilayah yang membutuhkan tambahan waktu untuk transisi penerapan kebijakan ini,” jelas Trudeau dalam sesi konferensi pers Rabu malam (20/6).

Ganja sendiri termasuk barang terlarang di Kanada sejak tahun 1923. Namun sejak tahun 2001, tanaman kanabis itu diperbolehkan digunakan khusus untuk pengobatan dan terapi.

Di bawah undang-undang baru ini, warga Kanada yang berusia di atas 18 atau 19 tahun, diperbolehkan membeli menanam dan mengkonsumsi ganja dalam jumlah terbatas. Misalnya, penanaman ganja di dalam rumah atau pekarangan, tidak boleh lebih dari empat pot. Membawa ganja ke tempat umum juga dibatasi maksimal 30 gram.

Walau pun berlaku secara nasional, implementasi teknis regulasi tersebut diserahkan pada kebijakan masing-masing propinsi dan wilayah otonom di Kanada.

Baca Juga : Petani Myanmar Beralih dari Budidaya Bunga Poppy ke Ternak Ulat Sutra

Sementara itu, Menteri Keselamatan Publik, Ralph Goodale, mengatakan legalisasi ganja bukan berarti nyimeng boleh dilakukan di sembarang tempat dan waktu.

“Mengemudi di bawah pengaruh ganja atau narkoba tetap merupakan tindakan kriminal. Selain membahayakan diri sendiri juga orang lain. Jadi jangan mengemudi dalam kondisi teler,” tegas Goodale.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan