border=

Kebijakan Tarif Trump Bikin Susah Sektor Pertanian AS

kebijakan tarif trump
(Kebijakan tarif Presiden Trump dikeluhkan kalangan eksportir Amerika Serikat. Sebab kebijakan tersebut justru memukul balik industri pertanian dan peternakan AS. Image : theeconreview.com)

Pomidor.id – Kebijakan Tarif Pemerintahan Presiden Donald Trump diperkirakan akan kontra produktif bagi sektor pertanian Amerika Serikat. Pasalnya, dua tetangga terdekat AS, Kanada dan Meksiko menunjukkan sinyal akan membalas perlakuan kebijakan tarif Trump tersebut dengan menerapkan balasan serupa atas produk andalan Paman Sam seperti daging babi, anggur dan blueberry.

Sama dengan akibat perseteruan dagang dengan China, sektor pertanian AS adalah yang paling menderita dengan aneka kebijakan Donald Trump, terutama kebijakan pengenaan tarif atas barang-barang yang masuk ke AS.

 border=

Selain Kanada dan Meksiko, Uni Eropa juga berang dengan kebijakan tarif Trump yang merembet ke produk baja dan alumunium. Pemerintahan Trump berencana mengenakan tambahan tarif 25 persen untuk produk baja dari Uni Eropa, Kanada dan Meksiko. Sementara untuk produk alumunium, akan dikenakan tarif 10 persen.

Baca Juga : Antisipasi Macetnya NAFTA, Meksiko Lirik Rusia dan Uni Eropa

Tentu saja kebijakan ini mengundang reaksi dari negara-negara tersebut. Bahkan beberapa waktu lalu, Uni Eropa merilis 10 daftar produk AS yang akan dikenakan kebijakan serupa sebagai balasan. Beberapa produk tersebut di antaranya adalah minuman olahan jeruk dan cranberries.

 border=
cranberries
(Buah cranberry menjadi salah satu komoditas pertanian AS yang terkena imbas aksi balasan Uni Eropa atas kebijakan tarif yang diberlakukan Pemerintahan Donald Trump. Image : alamy.com)

Sedangkan Kanada dan Meksiko akan membalas kebijakan tarif Trump yang diberlakukan pada produk pertanian AS seperti daging babi, daging sapi, produk olahan keju, anggur, blueberry dan apel.

“Sangat disayangkan jika kami tak lagi menikmati akses bebas tarif ini. Padahal ekspor daging AS ke Meksiko memberi manfaat yang luar biasa bagi mata rantai industri, mulai dari konsumen, importir, pengolah, pengecer dan restoran-restoran di Meksiko,” demikian pernyataan resmi Presiden dan CEO USMEF (United States Meat Export Federation), Dan Halstrom.

“Sungguh sedih melihat produk daging AS terkena imbas perseteruan yang sesungguhnya tidak ada kaitannya sama sekali dengan kami. Jika perang tarif ini diterapkan, akan berdampak negatif terhadap jutaan konsumen dan ribuan pekerja di industri daging dan peternakan bagi kedua belah pihak (kedua negara),” tambah Halstrom.

Baca Juga : Kebijakan Imigrasi Trump Berdampak Buruk Bagi Pertanian AS

Kebijakan tarif Trump ini efektif diberlakukan mulai tanggal 1 Juni. Perseteruan dagang yang kemudian berlanjut ke perang tarif ini bermula dari perselisihan antara AS dan China. Pemerintahan Presiden Donald Trump menuding Kanada, Meksiko dan Uni Eropa mendukung China dalam persoalan produk baja dan alumunium. Akibatnya negara-negara tersebut juga terkena imbas pengenaan kebijakan tarif AS. Trump menganggap infiltrasi produk baja dan alumunium dari China merusak industri manufaktur negaranya.

China sendiri tak tinggal diam dan merespon dengan mengenakan kebijakan tarif yang sama. Laporan Farmers for Free Trade di bulan April lalu, menyatakan bahwa komoditas pertanian di California mengalami kerugian sekitar USD 500 juta akibat pengenaan tarif dari pemerintah China terhadap berbagai produk pertanian asal Amerika Serikat.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan