border=

Semangka Hitam dari Jepang Mulai Dipasarkan. Nyarinya di Mana?

semangka hitam "Densuke"
(Meski kulitnya hitam legam, semangka “Densuke” dalamnya tetap berwarna merah seperti semangka kebanyakan. Semangka hitam ini diklaim lebih manis dan lebih kaya rasa. Image : topyaps.com)

Pomidor.id – Jepang memang gudangnya buah-buahan eksoktis. Belum lama ini petani buah di Hokkaido mulai kembali memasarkan semangka hitam “Densuke”. Sebanyak 398 semangka yang kulitnya berwarna hitam legam itu didisplay di pasar buah Asahikawa dan Sapporo. Namun seperti biasa, buah-buahan aneh Jepang pasti ditawarkan dengan harga selangit.

Ratusan semangka hitam itu dijual dengan cara dilelang. Penawaran tertinggi untuk satu semangka berukuran besar adalah lebih dari ¥ 500 ribu (hampir Rp 70 juta).

 border=

Mahal, memang. Namun menurut reportase Sankei Shimbun, harga itu masih kalah dengan hasil lelang di tahun 2008. Saat itu penawaran tertinggi untuk satu buah semangka hitam adalah ¥ 650 ribu (Rp 82 juta lebih).

Baca Juga : Mangga Miyazaki, Cara Panennya Beda dengan Mangga Lainnya

Harga lelang yang kesannya ugal-ugalan ini lebih disebabkan karena itu merupakan hasil panen perdana. Orang Jepang, terutama yang berduit, umumnya akan berusaha sebisa mungkin menjadi yang pertama. Termasuk yang pertama menikmati semangka yang sepintas warnanya mirip arang tersebut.

 border=

Jika mau sedikit menunggu, harga akan turun drastis begitu panenan dalam jumlah besar memasuki pasar. Berkat kondisi cuaca yang cukup bagus, tahun ini diperkirakan akan ada 70 ribu semangka hitam yang bakal membanjiri pasar-pasar dan berbagai supermarket di seluruh Jepang.

Dengan banyaknya jumlah semangka hitam yang beredar sekitar pertengahan Juli mendatang, harga akan stabil di kisaran ¥ 5 ribu hingga  ¥ 10 ribu (Rp 637 ribu – Rp 1,27 juta) per buah.

Baca Juga : Pisang Mongee, Pisang yang Bisa Dimakan Bersama Kulitnya

tanaman semangka hitam
(Tanaman semangka hitam yang dibudidayakan di kota Toma, Pulau Hokkaido, Jepang.)

Seorang juru bicara di Asosiasi Pertanian Jepang setengah berpromosi mengatakan :

“Semangka hitam tak sekedar manis, tapi juga kaya rasa. Kualitas panenan tahun ini juga lebih baik daripada panenan di tahun-tahun sebelumnya.”

Sayangnya tak ada keterangan lebih lanjut apakah semangka hitam juga dijual ke luar Jepang. Siapa tahu ada orang berduit Indonesia yang kepincut mencicipi buah ini tapi tak familiar dengan belanja via dunia maya.

Bisa-bisa nanti malah balik tanya, “Kok ga ada di pasar? Nyarinya di mana?”

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan