border=

Srikandi Mina Food Tawarkan Aneka Produk Olahan Ikan Air Tawar

pameran produk olahan ikan air tawar
(Menteri Susi ketika mengunjungi event pameran produk olahan ikan air tawar yang diikuti Srikandi Mina Food. Image : istimewa)

Pomidor.id – Kebijakan pemerintah untuk menggalakkan konsumsi ikan mendapat respon positif masyarakat. Berbagai produk olahan ikan, termasuk produk olahan ikan air tawar, kini semakin banyak yang menekuninya.

Srikandi Mina Food adalah salah satu produsen produk olahan ikan air tawar yang berlokasi di Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Industri skala rumahan ini memproduksi berbagai jenis olahan ikan. Baik itu berupa makanan ringan olahan ikan kering seperti keripik, abon, krispy hingga frozen food. Tak hanya ikan tawar, kadang juga menggunakan ikan laut sebagai bahan bakunya. Namun khusus untuk ikan laut, hanya diproduksi ketika ada pesanan.

 border=

Menurut pemilik Srikandi Mina Food, Dyah Prapti Widiyanti (52), bisnis pengolahan ikan ini digelutinya sejak tahun 2011.

D'Krupik
(Kripik lele dengan merk D’Krupik. Image : istimewa)

“Kami memulai usaha dari menjual ikan lele pada para pedagang ikan di sekitar Malang Selatan di tahun 2009. Dua tahun setelah itu, baru kami melakukan pengembangan dengan menjual tak hanya ikan segar, tapi juga ikan olahan,” tutur Dyah yang kemudian melabeli produk olahan ikan air tawar miliknya dengan nama D’Krupik dan Limatujuh.

Ide untuk produk olahan ikan lele dan ikan air tawar lainnya selain untuk memperluas pasar, juga karena banyaknya bahan baku. Terutama ikan lele yang sudah lewat masa konsumsi dan berukuran besar.

 border=

“Daging Ikan-ikan lele tersebut kami coba buat olahannya menjadi bakso dan nugget. Tapi melihat masih banyak bagian-bagian dari ikan lele yang terbuang, rasanya kok eman-eman. Makanya kemudian bagian kepala dan durinya yang tak bisa dibuat bakso atau nugget, kami olah jadi kerupuk ikan lele,” ujar Dyah.

Baca Juga : Kuliner Olahan Bandeng, Andalan Seorang Warga Pati di Malang

Tapi bukan perkara mudah membuat olahan dari bagian ikan lele yang terbuang. Dyah menjelaskan butuh sekian uji coba serta mengikuti beberapa pelatihan pembuatan kerupuk ikan agar kerupuk lele buatannya dapat diterima konsumen. Sampai akhirnya ketemu resep yang kemudian terus dipakainya hingga sekarang.

lele segar
(Lele segar siap goreng produksi Srikandi Mina Food. Image : istimewa)

Dyah mengatakan produksi ikan olahannya menjaga ketat standar kesehatan dan kebersihan. Ikan lele yang dibudidayakan menggunakan sistem air mengalir serta pakan full pelet. Dengan demikian, ikan lele yang diproduksi merupakan ikan yang sehat dan bersih.

Standar yang sama ia berlakukan pada rekanan peternak lele di sekitar Malang dan Tulungagung.

“Kami lebih memilih kerja sama jangka panjang dengan para peternak lele yang dapat menjaga standar kesehatan dan kebersihan. Ikan lele yang mereka budidayakan harus sesuai sistem yang kami terapkan, yakni diberi pakan pelet murni dan hidup dalam kolam yang airnya mengalir,” papar Dyah.

Dyah yang menjalankan usaha produk olahan ikan air tawar bersama anaknya, Eka Putri Hidayanti, ini menegaskan, ingin menepis anggapan banyak orang yang menilai ikan lele adalah ikan yang jorok. Asal dikelola dengan sistem budidaya yang bersih, ikan lele justru merupakan sumber protein yang terjangkau masyarakat luas.

Selain bakso, nugget dan kerupuk, aneka olahan lele yang diproduksi Srikandi Mina Food di antaranya adalah cemilan stik ikan, keripik sirip ikan, kaki naga lele, siomay, surimi, lele bumbu siap goreng, dlsb.

olahan lele
(Produk olahan dari bahan baku ikan lele yang diberi nama Kaki Naga. Image : istimewa)

Baca Juga : Semangat Susi Berhembus Hingga ke Gunung Buring

“Ikan lele banyak mengandung kolagen dan omega yang baik bagi manusia. Tidak kalah, lho, dengan ikan laut dalam yang harganya jauh lebih mahal. Jadi baik daging maupun olahan lele, sangat bermanfaat untuk sumber protein. Apa yang kami lakukan ini hitung-hitung sekaligus membantu program pemerintah untuk mengajak masyarakat gemar makan ikan,” pungkas Dyah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan